Pendampingan Literasi Digital Kelompok Pemuda Kelurahan Lakkang Kecamatan Tallo Kota Makassar

Herlina Sakawati(1*), Muhammad Nur Yamin(2), Asri Nur Aina(3),

(1) Program Studi Ilmu Administrasi Negara FIS-H Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Ilmu Administrasi Negara FIS-H Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Ilmu Administrasi Negara FIS-H Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Penggunaan digitalisasi terus meningkat dan berkembang di berbagai daerah, namun tidak disertai dengan peningkatan personal competence bagi penggunanya, yang pada akhirnya dapat menimbulkan dampak negatif tidak hanya bagi penggunanya namun juga lingkungan masyarakat sekitarya. Tujuan kegiatan pengabdian literasi digital bagi kelompok pemuda di Kelurahan Lakkang Kecamatan Tallo Kota Makassar yaitu agar pemuda memiliki kemampuan dasar multimedia pengolahan gambar dengan menggunakan aplikasi Photoshop dan mampu menggunakan aplikasi Microsoft Word, pemuda mampu menginstalasi komputer atau laptop, dan pemuda Kelurahan Lakkang mampu menyaring informasi-informasi hoax melalui pelatihan literasi digital berbasis aplikasi, serta dapat menggunakan digitalisasi untuk membuka pekerjaan. Pelaksanaan kegiatan PKM terbagi atas dua sesi. Sesi pertama berupa pemberian materi tentang pengenalan dan manfaat literasi digital, dan sesi kedua dilanjutkan dengan praktik penggunaan beberapa aplikasi, yang kemudian dilanjutkan dengan pendampingan pemanfaatan digitalisasi dalam dunia usaha. Dari kegiatan pelatihan literasi digital ini, pemuda desa Kelurahan Lakkang Kecamatan Tello Kota Makassar, telah dapat memahami cara memilah informasi-informasi sehingga terhindar dari pemberitaan hoax, selain itu pemuda memiliki bekal keterampilan yang dapat digunakan untuk menambah penghasilan mereka.

Kata kunci: Digitalisasi, pemuda, literasi digital.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adnjani, M. D., Kurdaningsih, D. M., & Mulyadi, U. (2021). Pendampingan Literasi Digital Kampung KB RW 2 Kelurahan Gedawang Banyumanik Kota Semarang. Warta LPM, 24(2), 167–175. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.10705

Candrasari, Y. C., Dyva Claretta, & Sumardjiajti. (2020). Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital UntukPeningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 611–618. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4003

Sabrina, A. R. (2019). Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax. Communicare : Journal of Communication Studies, 5(2), 31. https://doi.org/10.37535/101005220183

Sasmito, G. W., Wijayanto, S., & Zulfiqar, L. O. M. (2020). Studi Pengenalan Internet of Things Bagi Guru Dan Siswa Smk Bina Nusa Slawi Sebagai Wawasan Salah Satu Ciri Revolusi Industri 4.0. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 186–194. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3692

Wardiani, W., & Anisyahrini, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Dalam Upaya Pencegahan Paparan Berita Hoax Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Kelompok Lansia Di Kelurahan Cinunuk. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 856–860. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4919


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.