PKM Pelatihan Media Pembelajaran Bagi Guru SD di Kabupaten Takalar

Ridwan Daud Mahande(1*), Wahyu Hidayat(2), Muh Rizal Samad(3), Jasruddin Jasruddin(4),

(1) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Media pembelajaran adalah sarana atau alat yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu guru dalam menyampaikan informasi dan materi pembelajaran kepada siswa. Media pembelajaran dapat berupa media elektronik, seperti video, audio, dan presentasi, maupun media non-elektronik, seperti buku, gambar, dan benda nyata. Penggunaan media pembelajaran di kelas dapat membantu siswa memahami dan mengingat informasi pembelajaran dengan lebih mudah dan efektif, serta meningkatkan interaksi dan motivasi belajar siswa. Selain itu, penggunaan media pembelajaran juga dapat meningkatkan efisiensi proses pembelajaran di kelas dan membantu guru dalam mengelola waktu pembelajaran dengan lebih efektif. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di Kabupaten Takalar, tim peneliti menemukan bahwa perangkat pembelajaran yang tersedia belum sepenuhnya mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Masih terdapat kekurangan dalam mengembangkan dan menggunakan konsep serta menerapkan media yang inovatif dan interaktif. Padahal Penggunaan media pembelajaran di kelas dapat membantu siswa memahami dan mengingat informasi pembelajaran dengan lebih mudah dan efektif, serta meningkatkan interaksi dan motivasi belajar siswa.  Hal ini dianggap penting untuk dilakukan pengembangan kompetensi guru di kabupaten Takalar sehingga diadakan pelatihan yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan teknik pengajaran yang lebih inovatif dan efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Kata kunci: Pelatihan, Media Pembelajaran, Guru.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Power Point Untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96-100.

Putra, I. B. A. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru Sd Negeri 3 Tegallinggah. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 10-15.

Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4d Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14-22.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158-166.


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.