PKM Pendampingan Character & Communication Training (CCT) Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMA Negeri 1 Polewali Mandar
(1) Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknologi Pertanian, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak – Pengabdian ini berfokus pengabdian terhadap pengembangan mitra antara lain: 1) Melatih peserta didik dalam menerapkan panduan CCT; 2) Melaksanakan pendampingan kepada peserta didik terkait panduan CCT sebagai aspek peningkatan keterampilan berkomunikasi yang efektif dan mengurangi rasa kecemasan dan rasa percaya diri rendah. Metode pelaksanaan terbagi menjadi empat (4) tahapan, yakni: 1) Persiapan; 2) Sosialisasi pelatihan; 3) Pelaksanaan program pelatihan; 4) Evaluasi dan laporan hasil pengabdian. Kegiatan PKM CCT dilaksanakan di SMA Negeri 1 Polewali Mandar, Sulawesi Barat pada Sabtu 15 Juli 2023. Dimulai pukul 08.00 WITA, peserta telah berkumpul di Aula Sekolah. Berdasarkan materi yang terpaparkan, maka beberapa aktivitas yakni melakukan stimulus terhadap peserta didik melalui beberapa kasus dan cara komunikasi yang sesuai dan tepat untuk mencegah kasus perundungan tersebut terjadi. Kegiatan PKM ini memperoleh respon yang sangat baik oleh peserta yang mengikuti kegiatan. Rekomendasi pengabdian ini disampaikan kepada pihak pengabdi untuk terus melanjutkan pengabdian ini dan menyajikan materi yang lebih relevan serta pola intervensi yang mutakhir yang dibutuhkan oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Kata kunci: Pelatihan Karakter & Komunikasi, Percaya Diri, SMA Negeri 1 Polewali Mandar.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Agus Dharmanto, Hani Astuti, & Nita Komala Dewi. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Program Pengembangan Diri dengan Teknik Keterampilan Dalam Berkomunikasi. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 252–258.
Al Baqi, S., & Sista, T. R. (2018). Pengaruh Pelatihan Manajemen Emosi untuk Meningkatkan Reegulasi Emosi dan Ekspresi Emosi dalam Konteks Keluarga. Jurnal Sains Psikologi, 7(1), 81–87. https://doi.org/10.17977/um023v7i12018p81-87
Alfitri Rizqi, A., Suyitno, H., Pendidikan Matematika, P., Pascasarjana, P., & Negeri Semarang, U. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Journal of Mathematics Education Research. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Ayuning Tiyas, Yayah Nurhidayah, & Rama Dwika Herdiawan. (2019). Why I Can’t Speak Up? “: Students’’ Anxiety in Public Speaking.” Journal of English Language Learning (JELL).
Bagès, C., Hoareau, N., & Guerrien, A. (2021). Play to reduce bullying! Role-playing games are a useful tool for therapists and teachers. Journal of Research in Childhood Education, 35(4), 631–641. https://doi.org/10.1080/02568543.2020.1810834
Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Public Speaking Pemuda Sragi Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.581
Hamzah, I., Wahyudin, A. Y., Oktaviani, L., Aldino, A. A., Alfathaan, M., & Julius, A. (2022). Pendampingan Pembelajaran Public Speaking Bagi Siswa-Siswi Man 1 Lampung Tengah. Jurnal WIDYA LAKSMI, 2(2), 76–81. http://jurnalwidyalaksmi.com
Juwito, J., Achmad, Z. A., Kaestiningtyas, I., Dewani, P. K., Wahyuningtyas, D., Kusuma, R. M., Mas’udah, K. W., Sari, T. P., & Febrianita, R. (2022). Public speaking and personal branding skills for student organization managers at Dharma Wanita High School Surabaya. Journal of Community Service and Empowerment, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.22219/jcse.v3i1.18596
Meifilina, A., & Andari, B. (2021). Pendampingan Pelatihan Speakerpreneur dan MC. Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung, 98–105.
Murti, S., Syahrun Effendi, M., & Lazuardi, D. R. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Public Speaking. Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat Dan Karya Ilmiah Linggau, 1(1).
Nurfitria L. Hidayati, & Rahma Widyana. (2021). Perilaku Perundungan Pada Remaja Pelaku Perundungan. Jurnal Psikologi Volume, 14(1). https://doi.org/10.35760/psi.2021.v14i1.3352
Pooja Chand, Madhu Nand, & Noneet Nitesh Lal. (2022). The Importance of Speaking Skills of Youth in English Classroom: A Comparative Analysis of Literature Reviews. Educational Technology and Management Academy, 15–26. https://educationatetma.etma-india.in/index.php/journal/index
Stevens, V., De Bourdeaudhuij, I., & Van Oost, P. (2001). Anti-bullying interventions at school: Aspects of programme adaptation and critical issues for further programme development. Health Promotion International, 16(2), 155–167. https://doi.org/10.1093/heapro/16.2.155
Sugiyati, K., & Indriani, L. (2021). Exploring the level and primary causes of public speaking anxiety among English department students. In Journal of Research on Language Education (JoRLE) (Vol. 2, Issue 1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JoRLE/index
Article Metrics
Abstract view : 34 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.