Pelatihan Identifikasi Gaya Belajar Siswa di MTs Arifah Gowa

Andi Rahmat Saleh(1*), Nurhayati Nurhayati(2), Hamka L.(3),

(1) Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Fenomena yang kerap terjadi di Indonesia menunjukkan bahwa penggunaan teori gaya belajar di sekolah belum diterapkan hingga saat ini. Para guru masih menerapkan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) dan masih menggunakan metode klasik seperti ceramah dan hanya menggunakan buku sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Banyak guru yang belum mampu mengidentifikasi gaya belajar peserta didik. Permasalahan ini menjadi salah satu faktor penghambat bagi guru biologi di MTs Arifah Gowa dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dilakukan pelatihan bagi guru untuk mengidentifikasi gaya belajar peserta didik yang bisa menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi oleh guru di MTs Arifah Gowa. Pelaksanaan kegiatan PKM ini mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan peserta/mitra terkait gaya belajar peserta didik.

 

Kata kunci: gaya belajar, kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Angyanur, D., et.al. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Gaya Belajar Siswa di MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 1 (1). 41-51.

Cahyani, I. S. (2016). Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran.

Gusteti, M. U., & Neviyani. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3 (3). 636-646.

Putri, E. S., & Rinaningsih. (2021). Review: Tes Diagnostik Sebagai Tes Formatif Dalam Pembelajaran Kimia. UNESA Journal of Chemical Education. 10 (1). 20-27.

Sopianti, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI Di SMAN 5 Garut. Journal of Music Education. 1 (1). 1-8.

Wachid, N. (2018). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Wahidiyah. Jurnal Pendidikan Kahuripan. 1 (2). 183-191.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. ERUDIO. 2 (1). 7-16.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.