PKM Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva

Muhammad Asrul Sultan(1*), Zaid Sainal(2), Rasmi Djabba(3), Muslimin Muslimin(4), Nurul Mukhlisa(5),

(1) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(4) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(5) Prodi PGSD, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemanfaatan teknologi merupakan salah satu cara dalam membuat media pembelajaran yang menarik minat dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Melalui media pembelajaran, maka materi pelajaran akan lebih mudah diingat dan dipahami oleh siswa. Untuk itu, guru sebagai seorang pendidik yang baik harus mampu menyajikan materi secara kreeatif pula. Canva sebagai salah satu aplikasi dapat membantu pendidik dalam menyajikan materi secara lebih menarik. Pembuatan media melalui Canva dapat memudahkan guru dalam mendasain dan merancang materi pembelajaran. Dalam pelatihan ini, media desain Canva menjadi salah satu pilihan sebagai media pembelajaran karena mempunyai template yang beragam dan juga menarik sehingga banyak diminati oleh pengguna terutama di ruang lingkup pendidikan. Pembuatan media pembelajaran yang menarik bisa membuat siswa lebih mudah memahami dan mengerti materi-materi yang diajarkan oleh guru serta membuat siswa tidak jenuh dalam belajar. Adanya komunikasi atau proses penyampaian yang baik maka siswa akan mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Dalam pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan 

 

Kata kunci : Canva , Media Pemebelajaran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azhar Arsyad. (2015). Media Pembelajaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Handayani, Fitri, Niki Yulianti, and Yeni Erita. 2022. “Desain Pembelajaran IPS Dan PKn Berbasis Teknologi Informasi Di Tingkat Sekolah Dasar Serta Penggunaan Media Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Basicedu 6(1): 767–81

Rachmawati, T. S., & Yasin, H. (2021). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Kecerdasan emosional (EQ) Siswa. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 40-59.

Tanjung R.E., & Faiza, D. 2019. Canva Sebagai Media Pembeajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elekto dan


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.