PKM Kelompok Remaja Kabupaten Majene Dalam Mengembangkan Keterampilan Wirausaha Mandiri Melalui Perbaikan Peralatan Elektronik

Sapto Haryoko(1*), Hendra Jaya(2), Anita Candra Dewi(3), Dessy Ana Laila Sari(4), Dary Mochamad Rifqie(5),

(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan program Pengabdian Pada Masyarakat (PKM) adalah: (1) Mendorong masyarakat untuk memanfaatkan barang elektronik yang rusak sehingga tidak terpakai lagi menjadi barang yang dapat dimanfaatkan kembali setelah dilakukan perbaikan; (2) mendorong masyarakat Kelompok Remaja Kabupaten Majene agar memiliki keterampilan dalam melakukan perbaikan alat elektronik; (3) mendorong masyarakat Kelompok Remaja Kabupaten Majene agar memiliki kecakapan dalam mengoperasikan alat-alat elektronik; (4) mendorong masyarakat Kelompok Remaja Kabupaten Majene dalam Dalam Mengembangkan Keterampilan Wirausaha Mandiri Melalui Perbaikan Peralatan Elektronik. Khalayak sasaran adalah masyarakat Kelompok Remaja Kabupaten Majene. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi menggunakan metode praktek langsung, ceramah, diskusi dan tanya jawab, sedangkan penerapan menggunakan metode demonstrasi , simulasi dan produksi. Berdasarkan pelatihan yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Peserta pelatihan dapat meningkat pemahamannya dalam melakukan perbaikan peralatan yang terdiri atas: Pemahaman peserta dalam menerima materi kewirausahaan, Keterampilan peserta dalam memperbaiki peralatan, Ketepatan penggunaan Alat dan Bahan dalam memperbaiki peralatan listrik rumah tangga, Penyelesaian pekerjaan dilaporkan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, Mentaati kebijakan dan prosedur K3, dan Dapat mendiagnosa gangguan pada peralatan; 2) Peserta pelatihan mampu memperbaiki sendiri peralatan listrik dan rumah tangga; 3) Peserta pelatihan mampu mendiagnosa kerusakan peralatan listrik dan rumah tangga.

 

Kata kunci: Wirausaha Mandiri, Keterampilan Servis, alat elektronik rumah tangga


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. (2003).Modul Perawatan Dan Perbaikan Peralatan Listrik Rumah Tangga. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Antonius Aditya Hartanto dan Onno W. Purbo, (2002). E-Learning berbasis PHP dan MySQL, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta,.

Asep Saepudin,. (2003). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Masyarakat, Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching Learning/CTL). Jakarta: Depdiknas

Hartoyo.(1999). Kemampuan Mengajar Praktik Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Jurusan Listrik di Kota Madya Yogyakarta. Tesis Magister, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Hendra, Jaya. 2018. Perawatan dan Perbaikan Peralatan Elektronika. Buku Ajar. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Misbahuddin, M. (2018). Kajian Optimalisasi Potensi Produk Unggulan Dan Ekonomi Lokal Dengan Prinsip Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Dan Ekonomi Pariwisata Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(3). Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jbk/article/view/331.

Nahor, J. J. H. B. 2019. Implikasi dan Pengelolaan Limbah Elektronik. Buletin Utama Teknik. 14 (2):116-119.

Pasha, R. F. 2015. Identifikasi Karakteristik Sampah Elektronik (E-Waste) dan Implikasinya pada Kebijakan Daerah di Kota Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia. 4 (1):364-374.

Saribanon, Nonon., Khusnul Yakin, Budi R. Minulyo, Haslindah, Andi Muhammad Yusuf, Afifi Rahmadetiassani. 2015. Gilireng: Salam Perspektif Pemetaan Sosial. ISBN: 978-602-70591-3-9. Institut Pengembangan Masyarakat

Soenarto, S. (1993). Strategi Pengelolaan PBM Praktek Pada Sekolah Kejuruan. Jurnal PTK, No.2 Tahun 1. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Yoga, Hilary A., Ningrum Suryaningsih., Andri Setia Prabowo, Joni Welman Simatupang. 2020. Penanganan Limbah Elektronik (E-Waste) di Indonesia Berbasis Seni dan Drop Point. Jurnal Serambi Engineering, Volume V, No. 4, Oktober 2020 hal 1406 - 1414. p-ISSN : 2528-3561.

https://sulbar.bps.go.id/indicator/29/505/1/persentase-rumah-tangga-menurut-kabupaten-dan-sumber-penerangan.html


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.