PKM Pemberdayaan ibu ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Nugget Ayam Variasi Sayuran

Haerani Haerani(1*), Dra. Hj.Gawarti(2), Rissa Megavitry(3), Besse Qurani(4),

(1) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FT Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) telah dilaksanakan di Desa Bonde Utara Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Pelatihan pembuatan nugget ayam perlu dilakukan untuk memberi pengetahuan kepada mitra sasaran tentang pentingnya pengolahan beragam jenis jajanan rumahan yang sehat. Untuk manfaat jangka panjang mitra sasaran sehingga mitra sasaran dapat menjadikan olahan nugget ayam dengan variasi sayuran sebagai alternatif peluang usaha jajanan sehat, bernutrisi,dan aman dikonsumsi bagi anak- anak. Permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan PKM ini berfokus untuk menyelesaikan permasalahan mitra, sebagai berikut: (1) mitra sasaran kurang memiliki kemampuan dalam pembuatan nugget ayam dengan variasi sayuran, (2) mitra sasaran kurang mengenal alat dan bahan yang digunakan untuk membuat nugget ayam dengan variasi sayuran, dan (3) mitra sasaran kurang memiliki solusi alternatif jajanan sehat yang bernutrisi dan aman untuk dikonsumsi anak- anak. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan mitra adalah sebagai berikut: (1) memberikan penyuluhan kepada mitra dalam hal ini ibu-ibu rumah tangga agar memiliki kemampuan dalam pembuatan nugget ayam variasi sayuran, (2) memberikan penyuluhan kepada mitra dalam hal ini ibu- ibu rumah tangga agar memiliki pengetahuan tentang alat dan bahan yang digunakan untuk membuat nugget ayam variasi sayuran, dan (3) memberikan penyuluhan kepada mitra dalam hal ini ibu-ibu rumah tangga agar memiliki solusi alternatif jajanan sehat yang bernutrisi dan aman untuk dikonsumsi anak- anak. Target yang ingin dicapai dalam pelaksanaan PKM ini adalah mitra dalam hal ini ibu-ibu rumah tangga memiliki kemampuan dalam pembuatan nugget ayam variasi sayuran, mengetahui alat dan bahan yang digunakan untuk membuat nugget ayam dengan subtitusi sayuran, dan memiliki solusi alternatif jajanan sehat yang bernutrisi dan aman untuk dikonsumsi anak-anak. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah: (1) Melakukan perizinan dan persiapan lokasi. Metode yang digunakan adalah: berkunjung langsung ke lokasi PKM, diskusi, dan tanya-jawab; (2) Melakukan sosialisasi. Metode yang digunakan adalah: berkunjung lansung ke lokasi PKM, ceramah, diskusi, dan tanya-jawab; (3) Melakukan penyuluhan. Metode yang digunakan adalah: ceramah, tanya-jawab, dan diskusi; (4) Memperkenalkan bahan dan alat yang digunakan. Metode yang digunakan adalah: memperlihatkan langsung setiap bahan dan alat yang akan digunakan, diskusi, dan tanya-jawab; (5) Melakukan pelatihan dan pendampingan. Metode yang digunakan adalah: demonstrasi, diskusi, dan tanya-jawab.

 

Kata Kunci : Pemberdayaan, Pelatihan, Nugget Ayam Variasi Sayuran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aswar. 1995. Pembuatan Fish Nugget dari Ikan Nila Merah (Oreochromis Sp.). Skripsi. Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan, InstitutPertanian Bogor, Bogor.

Aswar. 1995. Pembuatan Fish Nugget dari Ikan Nila Merah (Oreochromis Sp.). Skripsi. Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan, InstitutPertanian Bogor, Bogor.

Elingosa, T. 1994. Pembuatan Fish Nugget Dari Ikan Tengiri. Skripsi. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Bogor.

Wibowo, S. 2001. Pembuatan Bakso Ikan dan Bakso Daging. Penebar Swadaya,


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.