PKM Sosialisasi Peraturan Persilat Tahun 2022 Di Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia Kabupaten Bone

Fahrizal Fahrizal(1*), Muh Adnan Hudain(2),

(1) Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga yang bersumber akar kebudayaan bangsa Indonesia, sudah menjadi tanggung jawab untuk terus menjaga dan melestarikan cabang olahraga pencak silat ditengah-tengah lanjunya perkembanga olahraga beladiri dari luar. Saat ini pencak silat sudah banyak dipertandingan baik itu pada even lokal, nasional hingga internasional. Agar setiap pertandingan berjalan dengan lancar maka semua unsur baik itu atlet, pelatih, wasit/juru hingga pengurus organisasi pencaksilat harus memahami peraturan pertandingan pencaksilat yang sudah direvisi tahun 2022. Pelaksanaan PKM ini di pusatkan pada Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Sosilaisasi telah memberi pengetahuan dan pemahaman kepada para atlet, pelatih, dan wasit juri yang berada di Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia Bone dalam memahami bagaimana perubahan-perubahan aturan pertandingan yang ada dalam cabang olahraga pencaksilat yang merupakan hasil munas IPSI ke XIV tahun 2016, Rapat Kerja Nasional IPSI tahun 2019, dan perubahan peraturan PERSILAT tahun 2022. Sebagai bekal mereka dalam latihan dan lebih khusus pada setiap even pertandingan yang mereka ikuti.

Kata kunci: Perubaha Peraturan, Pertandingan, Persilat.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hariyadi, R. Kotot Slamet. 2003. Teknik Dasar Pencaksilat Tanding. Jakarta: Dian Rakyat.

PB. IPSI. 2016. Pedoman Pelaksanaan Tugas Wasit Juri Ikatan Pencak Silat Indonesia. Padepokan Pencak Silat Indonesia. Jakarta.

PB. IPSI. 2016. Pedoman Formulir Pertandingan Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Indonesia. Padepokan Pencak Silat Indonesia. Jakarta.

PB. IPSI. 2016. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Ikatan Pencak Silat Indonesia. Padepokan Pencak Silat Indonesia. Jakarta.

Lubis, Johansyah. 2004. Pencaksilat, Panduan Praktis. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Persilat. 2007. The Single Compulsory Step (Rangkaian Jurus Wajib). Jakarta: Persekutuan Pencaksilat Antar Bangsa.


Article Metrics

Abstract view : 14 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.