Pelatihan Pembuatan Kaligrafi Aksara Lontara sebagai Hiasan Dinding di Desa Bonde Utara Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene

Abd. Aziz Ahmad(1*), Baso Indra Wijaya Aziz(2), Sri Riski Wulandari(3),

(1) Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Kaligrafi merupakan salah satu karya seni yang populer di dunia, termasuk Indonesia.  Seni dan kesenian adalah hal atau aktivitas yang berkaitan dengan keindahan yang secara alamiah ada pada diri manusia. Seni adalah karya manusia yang disajikan/dikemas secara indah untuk mengomunikasikan pengalaman batin hingga merangsang pula timbulnya pengalaman batin pada orang lain yang menikmatinya. Sifat dasar seni mendasari lahirnya karya-karya dengan karakter yang universal atau justru berbeda-beda. Seni pada dasarnya sangat universal, namun juga individual, ekspresif, kreatif, dan abadi. Seni secara umum memiliki berbagai fungsi, diantaranya sebagai media menyampaikan ekspresi, media/alat pemenuhan kebutuhan fisik/praktis, media pemenuhan kebutuhan psikologis/emosional, media kepercayaan/keyakinan tertentu, media pendidikan, maupun berbagai fungsi lainnya. Kunci kaligrafi adalah aksara yang ditulis dengan diperindah atau ditulis dengan penuh penjiwaan. Kegiatan PKM dilaksanakan di Desa Bonde Utara, Kecamatan Pamboang, Kab. Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan pembuatan kaligrafi dengan aksara Lontara yang salah satu kegunaannya dapat dijadikan sebagai hiasan dinding. Pelatihan ini memberikan pengetahuan serta keterampilan kepada peserta sebagai upaya pelestarian warisan b udaya dan kearifan lokal, sekaligus dapat menjadi bekal bagi peserta yang ingin menjadikan kegiatan ini sebagai sumber ekonomi kedepannya.

Kata kunci: Pelatihan Kaligrafi, Aksara Lontara, Hiasan Dinding.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Abd. Aziz. 2014. Melestarikan Budaya Tulis Nusantara: Kajian tentang Aksara Lontara. Jurnal Budaya Nusantara Vol.1 No.2 Hal: 148-153.

Gie, The Liang. 1976. Garis Besar Estetik (Filsafat Keindahan). Yogyakarta: Penerbit Karya.

Muslim, Riza Pahlevi. 2015. Kajian Dakwah Kultural Bayt Al-Qur’an Al-Akbar Ukiran Kayu Khas Melayu Palembang. Yogyakarta: Idea Press.

Salam S, Sukarman, dkk. 2020. Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Soedarso, SP. 2006. Trilogi Seni–Penciptaan, Eksistensi, dan Kegunaan Seni. Yogyakarta: Penerbit ISI Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.