PKM Sosialisasi Penyiapan Diri Siswa Sekolah Kejuruan untuk Melanjutkan Studi pada Perguruan Tinggi

Samirah Dunakhir(1*), Nurafni Oktaviyah(2),

(1) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah SMK Negeri 1 Bulukumba Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Masalahnya adalah: (1) kurangnya tingkat kesadaran siswa-sekolah kejuruan tentang pentingnya pendidikan tinggi, (2) kebutuhan informasi yang diperlukan oleh siswa-sekolah kejuruan untuk mempersiapkan diri dalam melanjutkan studi pada perguruan tinggi, (3) banyak kendala yang dihadapi siswa-sekolah kejuruan dalam mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi pada perguruan tinggi. Sasaran eksternal adalah siswa dan siswi pada tingkatan sekolah menengah kejuruan. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki kesadaran tentang pentingnya pendidikan tinggi, (2) mitra mendapatkan informasi yang diperlukan untuk mempersiapkan diri dalam melanjutkan studi pada perguruan tinggi, dan (3) mitra dapat mengantisipasi kendala yang dihadapi untuk melanjutkan studi pada perguruan tinggi.

 

Kata kunci: sekolah kejuruan; perguruan tinggi; kuliah.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alamsyah, R. (2010). Digital Forensic. Security Day.

Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact. Pengantar Media Massa. Jakarta:Penerbit Salemba Humanika

Dhofier, Zamasyari.1994.Tradisi Sekolah kejuruan. Jakarta:LP3ES

Depag. 2002. Pedoman Pondok Sekolah kejuruan. Jakarta

Geertz, Clifford. 1993. Religion as a cultural system. In: The interpretation of cultures: selected essays. Fontana Press.University of Oxford.

Umar, Abdullah Ibnu. 2012. Sekolah kejuruan; Antara Tradisional dan Modern. http://ruanginstalasi.wordpress.com /2012/09/19/sekolah kejuruan-antaratradisional-dan-modern.


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.