Pemanfaatan Lingkungan Pembelajaran Matematika Berbasis Google Colaboratory Bagi Guru SMP Di Kabupaten Takalar

Nasrullah Nasrullah(1*), Baso Intang Sappaile(2), Ahmad Talib(3),

(1) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Dalam proses pembelajaran, penting bagi guru untuk memanfaatkan sumber daya pembelajaran yang ada dengan optimal. Penggunaan alat pembelajaran virtual, meskipun belum banyak diterapkan dalam pembelajaran matematika, dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara signifikan. Google Colaboratory, sebuah platform berbasis web, menawarkan lingkungan yang dinamis untuk proyek berbasis Python dan eksplorasi pembelajaran mesin. Platform ini menyediakan fitur kolaborasi, interaksi real-time, dan akses ke sumber daya komputasi yang kuat, yang semuanya dapat meningkatkan pengalaman pembelajaran online secara efektif. Melalui pelaksanaan program pelatihan bagi guru SMP di Kabupaten Takalar, tujuan utamanya adalah meningkatkan pengetahuan guru tentang metode pembelajaran matematika alternatif. Pelatihan ini menekankan pengembangan aktivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan Google Colab, mendorong inovasi dan kreativitas guru. Hasilnya menunjukkan pentingnya pengembangan aktif dalam metode pengajaran, melibatkan teknologi dan inovasi, media pembelajaran berbasis konteks, serta penerapan praktis. Program ini bertujuan menciptakan pengalaman pembelajaran yang seimbang, menghubungkan pengetahuan teoritis dengan keterampilan praktis dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci: Pemanfaatan Lingkungan Pembelajaran, Google Colaboratory, Pembelajaran Matematika.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amirullah, & Nasrullah. (2018). Penggunaan Tarser dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat Tingkat SMP. Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 114–119.

Bachtiar, M. Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19. 6(2), 1007–1019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411

Hegediš, P. J., & Hus, V. (2020). Cemetery as an Opportunity for Learning outside the Classroom. Creative Education, 11(12), 2660–2671. https://doi.org/10.4236/ce.2020.1112197

Holba, A. M., Bahr, P. T., Birx, D. L., & Fischler, M. J. (2019). Integral Learning and Working: Becoming a Learning Organization. In New Directions for Higher Education (Vol. 2019, Issue 185, pp. 85–99). Wiley. https://doi.org/10.1002/he.20314

Joel, O. P. (2019). Learning Environment, Achievement Motivation and Career Decision Making among Gifted Secondary School Students. In American Journal of Education and Learning (Vol. 4, Issue 1, pp. 50–61). Online Science Publishing. https://doi.org/10.20448/804.4.1.50.61

Mulbar, U., & Nasrullah. (2022). Exploration of Students ’ Mathematical Literacy Based on Opportunity to Learn Through Context-Based Questions. ICSAT International Proceeding, 11(4), 476–485.

Nasrullah, Alimuddin, & Talib, A. (2021). Using HTML-Based Worksheet to Support Students in Active Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1), 012165. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012165

Nasrullah, & Baharman. (2018). Exploring Practical Responses of M3LC for Learning Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 954(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/954/1/012007

Nasrullah, N., Sanusi, W., & Abdy, M. (2020). MPM Berbasis Konteks dan Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru Matematika Tingkat SMP. Dedikasi, 22(2), 187–191. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v22i2.16137

Nicol, D. J., & MacLeod, L. A. (2005). Using a shared workspace and wireless laptops to improve collaborative project learning in an engineering design class. Computers and Education, 44(4), 459–475. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2004.04.008

Nurwijayanti, A., & Fitriana, L. (2019). COMBINING GOOGLE SKETCHUP AND ISPRING SUITE 8 : A. 10(1), 103–116.

Varol, F., & Farran, D. C. (2006). Early mathematical growth: How to support young children’s mathematical development. Early Childhood Education Journal, 33(6), 381–387. https://doi.org/10.1007/s10643-006-0060-8


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.