PKM Sosialisasi Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka di Sekolah Yayasan Kemala Bhayangkari Makassar

Reski Praja Putra(1*), Andi Sukainah(2), Ratnawaty Fadilah(3), Amirah Mustarin(4), Amiruddin Hambali(5),

(1) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(5) Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Kurikulum merdeka merupakan pengembangan dari kurikulum darurat yang bertujuan untuk memulihkan sistem Pendidikan di Indonesia pasca pandemic Covid 19.  Kurikulum merdeka lebih memfokuskan pada Pendidikan karakter yang berlandaskan Pancasila melalui konsep Profil Pelajar Pancasila. Perbedaan utama kurikulum merdeka dengan kurikulum lain yaitu kokurikuler didasarkan pada pengerjaan proyek sebagai wujud penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila dan softskill. Sekolah Kemala Bhayangkari Makassar merupakan salah satu sekolah yang ingin menerapkan kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran. Namun, informasi mengenai kurikulum merdeka khususnya kegiatan yang berkaitan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) masih kurang. Oleh karena itu, tim pengabdian dari Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian berupaya melakukan sosialisasi penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) kurikulum merdeka. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah pengenalan kurikulum merdeka, khususnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi guru-guru di sekolah yayasan Kemala Bhayangkari. Metode yang digunakan adalah observasi, penyuluhan, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan pemberian informasi mengenai penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mampu meningkatkan pemahaman guru dan kemampuan guru dalam mendesain proyek P5 di Sekolah Kemala Bhayangkari Makassar.

Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pancasila, P5, Kemala Bhayangkari, .


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., & Khamdi, I. M. 2022. Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan.

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. 2022. Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan.

Inayah, N. N. 2021. Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1).

Ismail, S., Suhana. S., & Zakiah. Q. Y. 2020. Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84.

Kemdikbud, P. 2019. Hasil Indonesian National Assesment Programme (INAP). Retrieved March 11, 2019, from Puspendik. kemdikbud.go.id

Pratama, I Pt BY, A. A. Gd Agung, I Dw KTastra. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII B Semester Genap Di SMP Negeri 1 Negara. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, Vol. 2, No. 1.

Septiani A., Novaliyosi, Nindiasari H. 2022. Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 13, No. 3. e-ISSN 2579-7646 421

Ulandari, D.S. Rapita. 2023. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik Sukma. Jurnal Moral Kemasyarakatan Vol. 8 No. 2 : 116 – 132.

Wulandari, T. 2022. Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka SD, SMP, SMA & SMK.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.