Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Melalui Komputer Bagi Guru PAUD Di Pattallassang
(1) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Permasalahan yang dihadapi guru Taman Kanak-Kanak (TK)/PAUD adalah kurangnya pengalaman pembuatan media pembelajaran guru- guru Tk, pembuatan media pembelajaran bagi guru Tk, Media Pembelajaran Berbasis Komputer merupakan variasi yang diberikan kepada guru untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran berbasis komputer kepada guru-guru TK/PAUD di Pattallassang Kab. Gowa ini, bertujuan agar para guru TK medapatkan pengetahuan untuk pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer kepada guru-guru TK/PAUD yang tergabung dalam IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia) kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.
Metode yang digunakan dalam penyampaian materi adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan simulasi serta praktek kerja langsung. Sedangkan evaluasi yang digunakan adalah pengamatan langsung kepada peserta sewaktu melakukan praktek menyusun media pembelajaran berbasis komputer di mulai dari mendownload gambar dan video, menentukan tema pembelajaran. Kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru TK untuk membuat media pembelajaran. Selanjutnya disarakan kepada pihak pihak dosen yang menekuni bidang pendidikan, kiranya dapat meluangkan waktu untuk memberikan penyuluhan/pelatihan/bimbingan kepada guru-guru khususnya yang berkaitan dengan profesi pendidik, karena guru-guru masih sangat memerlukan bantuan mengenai peningkatan kinerjanya
Kata kunci: Guru Paud, Media Pembelajaran, Aplikasi Komputer
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Tadarus: Junal Pendidikan Islam, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/td.v4i2.984
Halidjah, S., & Salimi, A. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1),1–9 https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i1.440
Idhayani, N., & Amaludin, R. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KAIN FLANEL BAGI GURU PAUD AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 KENDARI A . PENDAHULUAN Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat bahkan sering dikat. 5(1).
Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568.
Syafiuddin Parenrengi, Darmawang dan Ismail (2018). PKM Komunitas Pecinta Otomotif. LP2M Universitas Negeri Makassar.
Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan, 1(1), 29–34.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.
https://www.advernesia.com/excel/ Diakses tanggal 05 September 2020.
Article Metrics
Abstract view : 21 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.