PKM Pelatihan Teknik Menulis Best Practice Bagi Guru-Guru SDN 20 Rangas Kab. Majene

Lukman Lukman(1*), St. Maryam(2), Sasliani Sasliani(3),

(1) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Guru-Guru SDN 20 Rangas Kabupaten Majene. Masalahnya adalah: (1) Kurangnya pemahaman guru-guru tentang pembuatan dan penulisan best practice, (2) Kurangnya kemampuan guru-guru dalam pembuatan dan penulisan best practice. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan mitra. Hasil yang ingin dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang pembuatan dan penulisan best practice, (2) mitra memiliki kemampuan membuat dan menulis best practice. Pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik dan peserta antusias dalam proses penyampaian materi serta praktik. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa guru memiliki pemikiran yang terbuka terhadap penulisan best practice. Selain itu, berdasarkan hasil timbal balik dari peserta, pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik.

Kata kunci: Guru, Best Practice


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Husaini, R. (2018). Pembinaan Profesionalisme Guru. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 8(2).

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Lestari, Y. A., & Purwanti, M. (2018). The inter-relation among pedagogic, professional, social, and personality competences in nonformal school teachers. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 197–208.

Maksum, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sebuah Pengantar. Pontianak: STAIN.

Laudon, K. C., dan Laudon, J. P. 2006. Management Information Systems, Managingthe Digital Firm, 10th Edition, Prentice Hall.

Muningsih, Elly., Marifati, Imam Soleh. Handayani. 2020. Pelatihan Microsoft Word untuk Pengurus Pondok Modern Az-Zahra Al-Gontory Purwokerto. Laporan Pengabdian Masyarakat.

Sobri, A. Y. (2016). Model-Model Pengembangan Profesionalisme Guru. Arah KebijakanPendidikan Guru Di Indonesia (Prosiding). Konvensi Nasional Pendidikan (KONASPI) Ke-VIII, ALPTKNI.

Syahputra, Rian., Buulolo, Efori., & Hutabarat, Hukendik. 2021. Pelatihan Mail Merge Pada Madrasah Aliyah Swasta (Mas) Amaliyah. Jurnal Abdimas Budi Darma. (2), (1): 66 - 68


Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.