Sosialisasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Kelompok Guru SMAN 11 Pangkep
(1) Universitas Negeri Makassar, Jalan Daeng Tata Makassar, Kampus UNM Parangtambung 90224
(2) Universitas Negeri Makassar, Jalan Daeng Tata Makassar, Kampus UNM Parangtambung 90224
(3) Universitas Negeri Makassar, Jalan Daeng Tata Makassar, Kampus UNM Parangtambung 90224
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract. Pembelajaran berdiferensiasi yang terintegrasi pada Kurikulum Merdeka (Kumer) telah digulirkan sejak tahun 20sanggup melaksanakannya pada pembelajaran karena pembelajaran strategi berdiferensiasi dianggap oleh guru-guru sangat rumit prasyaratnya, termasuk SMAN 11 Pangkep. Oleh karena itu tujuan kegiatn PKM ini adalah untuk membagikan solusi penerapan pembelajaran dengan strategi berdiferensiasi kepada guru SMAN 11 Pangkep yang menjadi mitra pada kegiatan PKM ini. Upaya-upaya yang dilaksanakan adalah: 1) memberikan pelatihan dan pemahaman secara teoritis, 2) membimbing merancang pembelajaran berdiferensiasi dan latihan membuat tes diagnostik kepada guru-guru SMAN 11 Pangkep agar memahami strategi pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi atau tanya jawab langsung. Hasil pelaksaan kegiatan selama proses pelatihan pada PKM ini adalah guru mitra sangat senang dan antusias berdiskusi tentang pembelajaran berdiferensiasi. Target yang ingin dicapai yaitu merealisasikan pemahaman guru sehingga mereka benar-benar memahaminya dan menerapkannya pada pembelajaran sesuai bidang studi masing-masing. Luaran yang dihasilkan berupa laporan, video, sertipikat, dan jurnal pengabdian ber ISBN
Kata Kunci: Sosialisasi, Pembelajaran, Berdiferensiasi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adami, A. F. (2014). “Enhancing Students Learning Through Differentiated Approaches To Teaching And Learning: A Maltese Perspective”. Journal of research in special educational needs. Volume 4(2), (hlm. 91-97).
Andini, D. W. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Peserta didik di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. Volume 2(3), (hlm. 304-349 ).
Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Ringkasan Kebijakan No. 2. CIPS: Center fpr Indonesian Policy Studies
Butler, M., & Van Lowe, K. (2010). “Using Differentiated Instruction in Teacher Education”. International Journal for Mathematics Teaching & Learning. 2nd Proceding STEKOM
Faiz, A. Pratama, & Kurniawati, I. 2022. Pembelajaran berdiferensiasi dalam progres Guru penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, Vol 6, No. 2, hh. 2846-2853
Marlina, 2020. Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik melalui pembelajaran Berdiferensiasi 2022, Vol. 2 No.1 2022.
Article Metrics
Abstract view : 31 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.