Sosialisasi Peraturan Pertandingan Cabang Olahraga Karate Di SMA Negeri 12 Makassar

Rahyuddin J.S(1*), Jamaluddin Jamaluddin(2), Muslim Muslim(3), Reza Mahyuddin(4),

(1) Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Karate adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang di Indonesia. Karate masuk ke Indonesia pada tahun 1960-an. Dalam olahraga beladiri karate dikenalkan dengan yang namanya tiga teknik, yaitu: teknik dasar (kihon), jurus (kata) dan pertarungan (kumite). Bahan yang dipergunakan dalam pengabdian ini adalah materi peraturan pertandingan olahraga karate yang telah disusun semaksimal mungkin, kondisi para pemain dan sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai dari hasil pengabdian ini. Pelaksanaan pembukaan kegiatan ini dilaksanakan  lokasi pelaksanaan PKM berlokasi di SMA N 12 Makassar. Adapun alat dan bahan yang digunakan pada pengabdian ini adalah Pluit, Matras, Alat tulis, Stopwatch, Lakban, Spidol, Bendera, Meteran, Kartu, Laptop, Sound Sistem dan Materi peraturan pertandingan olahraga Karate. Metode yang digunakan pada pengabdian ini terdiri dari 2 yaitu metode ceramah dan metode demonstrasi atau praktek. Metode ceramah dilakukan sebelum demonstrasi praktek memimpin pertandingan Karate. Tujuan metode ceramah yaitu untuk menjelaskan mengenai apa itu manajemen sistem pertandingan, apa saja yang perlu dipahami tentang manajemen sistem pertandingan serta serta jenis-jenis sistem pertandingan. Sedangkan metode demonstrasi digunakan untuk menyajikan dan mengajarkan tentang bagaimana membuat sistem pertandingan serta jadwalnya. Hasil ini merupakan umpan balik yang positif bagi kami sebagai pelaksana pengabdian kepada masyarakat. Tentunya besar hapan kami agar pengabdian yang kami lakukan ini bisa diserap oleh masyarakat, diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari dan tentunya disebarkan kepada masyarakat yang lain sehingga lebih banyak lagi kelompok Masyarakat.Harapan dari PKM ini adalah peserta mampu memahami peraturan pertandingan cabang olahraga karate sehingga dapat meningkatkan prestasi dan minat sisswa unuk menggeluti cabang olahraga karate.

Kata kunci: Karate, Peraturan pertandingan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dahlan, D., & Rahman, A. (2019). Penerapan Latihan Fisik Kombinasi Beban Internal Dan Beban Eksternal Dominan Terhadap Peningkatan Kemampuan Koordinasi Tendangan Maegeri Denganmawasi Geri Pada Atlet Ingkanas Ranting UNM. Seminar Nasional LP2M UNM.

Danardono. (2020). Sejarah, Etika Dan Filosofi Seni Beladiri Karate.

Lomo, C. N. (2018). Hubungan Kecepatan Reaksi Kaki, Kelentukan Dan Keseimbangan Dengan Kecepatan Tendangan Mawashi Geri Dalam Cabang Olahraga Karate Pada Ranting INKANAS UNM. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Purba, M. (2018). Pengembangan Variasi Latihan Ippon Kumite Pada Atlet Karate Tahun 2017. Unimed.

Pengurus Federasi Olahraga Karate Indonesia. (2023). Peraturan Pertandingan Olahraga karate . Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.