Penyusunan Soal Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis Bagi Guru Fisika Se-Kabupaten Gowa

Khaeruddin Khaeruddin(1*), Syamsul wahid(2),

(1) 
(2) Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak - Kemampuan berpikir merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki dalam membangun pengetahuan peserta didik. Salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki saat ini adalah kemampuan berpikir kritis yang mana akan merangsang penalaran kognitif peserta didik. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan peserta didik untuk memecahkan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Namun pentingnya kemampuan berpikir kritis peserta didik belum sejalan dengan pembiasaan terhadap kemampuan kognitif mereka. Salah satu cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah dengan memberikan soal-soal yang mengarah pada perkembangan kemampuan berpikir kritis mereka. Guru saat sekarang ini dituntut untuk bisa membuat soal yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis. Maka untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis dibutuhkan soal-soal yang yang masuk kategori HOTS (Higher Order Thinking Skill), oleh karena itu para guru-guru perlu dibekali kemampuan untuk membuat jenis soal-soal semacam itu. Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus pada pelatihan membuat soal-soal yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis guru, yang terbagi atas empat sesi latihan. Pelaksanaan PKM ini dipusatkan di SMP Negeri 1 Sungguminasa, Kabupaten Gowa. Peserta kegiatan merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat soal-soal yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis.

Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Soal Kategori HOTS


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning,. Teaching, and Assesing; A revision of Bloom's Taxonomy of Education. Objectives. New York: Addison Wesley Lonmam Inc

Akbar, M.N, Firman, H and Rusyati, L. 2017. Developing Science Virtual Test to Measure Students’ Critical Thinking on Living Things and Environmental Sustainability Theme. IOP Conf. Series: Journal of Physics.

Bungsu, N.P. Validitas LKS Berbasis Problem Solving Untuk Mencapai Critical Thinking Skill Pada Materi Alat Optik dan Pemanasan Global Fisika SMA/MA. Pillar of Physics Education, Vol 12. No 4, 2019, 745-752.

Hartini dan Sukardjo. 2015. Pengembangan Higher Order Thinking Multiple Choice Test Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas VII SMP/MTS. Yogyakarta: Universitas negeri Yogyakarta.

Wilson, Suzanne M. and Peterson, Penelope. 2006. Theories of Learning and Teaching What do They Mean for Educators? National Education Association. USA: Washington DC.


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.