Perencanaan Bisnis Berbasis Business Model Canvas (BMC) Bagi UMKM Di Kabupaten Majene

Muh. Ihsan Said Ahmad(1*), Syamsuardi Syamsuardi(2), St. Fatmah Hiolah(3), Muhammad Farid(4), Muhammad Hasan(5),

(1) Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas nNegeri Makassar
(4) Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Berdasarkankan data yang diperoleh dari Kementerian Koperasi dan UKM, pada tahun 2021 UMKM berkontribusi terhadap PDB bertahan di angka 61,07% atau senilai Rp 8,57 triliun dan kemampuan menyerap tenaga kerja sebesar 97%. Dari data tersebut dapat diindikasikan bahwa UMKM memiliki potensi untuk dikembangkan karena berperan menjadi bagian yang penting dalam pembangunan serta pertumbuhan ekonomi negara Indonesia (Amanda et al., 2022). Salah satu alat bantu yang dapat digunakan dalam merumuskan berbagai tantangan bisnis UMKM ke dalam satu lembar kertas yang dilakukan dengan membagi tiap komponen bisnis ke dalam sembilan elemen sadalah dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Sembilan elemen tersebut terdiri dari elemen penting yang akan menggambarkan mengenai bagaimana perusahaan dapat membentuk nilai dan memperoleh keuntungan dari konsumen (Wardhanie & Kumalawati, 2018). Sembilan Elemen tersebut meliputi Customer Segment, Value Propositions, Channel, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Activities, Key Partnership, Key Resources dan Cost Structure (Suwarni & Handayani,2020). Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan perencanaan bisnis yang berbasis  BMC bagi UMKM di Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Pelaksanaan PKM  di pusatkan di SMP Negeri 3 Pamboang Kabupaten Majene. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan perencanaan bisnis dengan menggunakan bisnis model kanvas.

Kata kunci: Perencanaan Bisnis, Business Model Canvas.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Chowdhury, M. S., Alam, Z., & Arif, M. I. (2013). Success Factors of Entrepreneurs of Small and Medium Sized Enterprises: Evidence from Bangladesh. Business and Economic Research, 3(2), 38.

Dewobroto, W. S. (2012). Penggunaan Business Model Canvas Sebagai Dasar untuk Menciptakan Alternatif Strategi Bisnis dan Kelayakan Usaha. Jurnal Teknik Industri, 2(3): 215-230.

Fitriani, R., & Sultan, M. A. (2019). Model Bisnis Kanvas Sebagai Solusi Inovasi Bagi Yang Kecil Bisnis. 10(2), 197–203.

Kurniawan, F. A. (2019). Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Perancangan Strategi Bisnis Baru. Sketsa Bisnis, 4(2), 123–135. https://doi.org/10.35891/jsb.v4i2.1602

Khodijah, I. S. dan Dr. Astri Ghina. (2016). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Pengerajin Kursi Sofa Cipacing, Jatinangor dengan Pendekatan Business Model Canvas. E-Proceeding Management : Vol.3, No.2, Agustus 2016, 1155-1162.

Kurniawan, F. A. (2017). Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Perancangan Strategi Bisnis Baru (Studi Pada UMKM UD. Gading Mas Pasuruan). Jurnal Sketsa Bisnis, Vol.4, No.2, Desember 2017, 123-135.

Nasip, I. dan Eka S. (2017). Model Bisnis Kanvas: Alat untuk Mengidentifikasi Peluang Bisnis Baru Bagi Pengusaha UMKM Indonesia. 1 st National Conference on Business and Entrepreneurship. Fakultas Manajemen dan Bisnis. Universitas Ciputra.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2017). Business Model Generation : Pedoman bagi para Visioner, Penggerak Perubahan, dan Pendobrak. PT Elex Media Komputindo.

Rahayu, V. P., Astuti, R. F., Mustangin, M., & Sandy, A. T. (2022). Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 112–121. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.40965

Somantri, G. G., Satria, A., & Iskandar, B. H. (2018). Analisis Model Bisnis PT . Pahala Bahari Nusantara Dengan Menggunakan Pendekatan Model Bisnis Canvas. II(1), 1–12.


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.