Keanekaragaman Tumbuhan Toga dan Pembudidayaannya melalui Taman Konservasi Toga di Desa Timbuseng

Muhammad Ammar Naufal(1*), Nurfadillah Nurfadillah(2), Zaky An Nabil(3), Mardin Mardin(4), Uun Ade Arjun(5),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek yang diikuti oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. PPK Ormawa bertujuan untuk meningkatkan kualitas Ormawa dan sekaligus menumbuhkembangkan soft skills dan kompetensi mahasiswa seperti kemampuan berorganisasi, penguatan karakter Pancasila, bela negara, cinta tanah air, dan kebangsaan, kepemimpinan, dan bekerja sama (team work). Mahasiswa pelaksana PPK Ormawa diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengasah kemampuan dalam berpikir kritis, kreatif, menyelesaikan masalah, komunikatif, kolaboratif, berliterasi teknologi informasi, memiliki jiwa kepemimpinan, bertindak positif dan produktif atas dorongan nurani, memiliki rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa/kelurahan agar terbangun wilayah binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

 

Kata Kunci: PPK Ormawa, Tumbuhan Toga, Taman Konservasi Toga, Desa Timbuseng


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Harefa, D. (2020). Pemanfaatan Hasil Tanaman Sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 28–36. https://doi.org/10.35970/madani.v2i2.233.

Mudjijah, S. dan Anggraini, T. (2021). Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), pp. 119–127. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9596.

Prayitno, G. et al. (2020). Pemetaan Potensi Pertanian Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran Berbasis Partisipatif. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), pp. 64–76.

Retnowati A, Rugayah, Rahajoe JS, dan Arifiani D. (2019). Status Keanekaragaman Hayati Indonesia: Kekayaan jenis tumbuhan dan jamur Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.