PKM Pelatihan Kewirausahaan digital pada SMK Negeri 7 Takalar

Jumadin Jumadin(1*), Haruna Haruna(2), Andi Zulfikar Yusuf(3), Andi Muhammad Taufik Ali(4),

(1) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memperkuat karakter wirausaha siswa di SMK Negeri 7 Takalar dengan fokus pada tiga aspek kunci: penguatan karakter wirausaha, penerapan Business Model Canvas (BMC), dan pengembangan kewirausahaan digital. Dalam konteks perubahan dinamis dalam dunia bisnis yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi digital, pendekatan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa SMK agar siap berkontribusi dalam ekonomi digital. Masalah mitra dalam pengabdian ini adalah lemahnya karakter siswa untuk berwirausaha, dan pemanfaatan digital marketing yang sangat minim. Metode yang digunakan dalam PKM ini yaitu ceramah, diskusi, tanyajawab dan pendampingan. PKM ini diharapkan memberikan manfaat nyata bagi siswa SMK Negeri 7 Takalar dalam mempersiapkan mereka menjadi wirausaha yang kompeten dan beretika di era digital. Dengan penguatan karakter wirausaha, penerapan BMC, dan pengetahuan tentang kewirausahaan digital, siswa akan memiliki landasan yang kuat untuk meraih kesuksesan dalam dunia kerja, dunia usaha dan dunia industry yang mengalami perubahan yang sangat pesat.

Kata kunci: Karakter Wirausah, Bisnis Model Canvas, Kewirausahaan digital.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi Mahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144.

Dwi Bhakti Iriantini,Wiwik Herawati,Giyana 2021. Pelatihan Kewirausahaan Bagi siswa SMK Kartini Surabaya, Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri Juli 2021.

Muhammad Farid, Nurabdiansyah, jumadin. 2020. Pelatihan Kewirausahaan Aplikatif bagi UMKM. Eprint unm.ac.id

Muhammad Farid, Jumadin, Ahmad Wahidiyat 2022. PKM Kelompok Santri Melalui Pelatihan Kewirausahaan Pada Pesantren Husnul Khatima Polman. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, UNM, Makassar 2022.

Farid, M., Idrus, Saharuna (2021). Pelatihan Kewirausahaan Model Santripreneur di Pondok Pesantren. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, UNM, Makassar 2021. Hal. 752-755

Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 38–45.

Ismail Et All. (2020). Ibm Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Dan Menggali Ide Usaha Baru. Jurnal Pengabdian Nasional (Jpn) Indonesia,1(1),16–22.

Jumadin, Muhammad Farid, Ismail Rahim (2022). PKM Pelatihan Wirausaha Mandiri Berbasis Star UP Bagi Siswa SMK Neg. 5 Gowa. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, UNM, Makassar 2022.

Muis, I., Usman, M., Anwar, H., Lukman, Irfan, Djangi, M.J., Syam, R., Diyahwati, Farid, M., Husain, H., Tawani, R. (2016) Kewirausahaan, Edisi Pertama, Makassar: Badan Penerbit UNM.

Krisnaldy Krisnaldy, Ahmad Saepudin, 2021. Pelatihan Menjadi wirausaha dimasa pandemi covid 19 bagi ibu PKK, Abdi Laksana. Vol 2 No. 2

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Prasetyani, Dwi (2020), Kewirausahaan Islami, Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.