Pelatihan Penggunaan Aplikasi Classpoint Di Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Interaktif

Muhammad Yusuf(1*), Syamsunardi Syamsunardi(2), Abdul Mannan(3), Resky Almeyda(4), Nurul Hidayah(5), Muhammad Ammar Naufal(6), Haris Haris(7),

(1) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(6) Jurusan Matematik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(7) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Dewasa ini perkembangan internet semakin pesat dan merambah ke beberapa bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan . Media pembelajaran juga ikut berkembang dan memunculkan berbagai media pembelajaran yang interaktif. Aplikasi Classpoint adalah sebuah perangkat lunak yang dapat terintegrasi dengan Microsoft Powerpoint sehingga dapat menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif. Terdapat banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk membuat media pengajaran melalui aplikasi ini. Saat ini, guru-guru SD Inpress Parangmalengu belum mahir menggunakan aplikasi Classpoint, padahal aplikasi ini merupakan salah satu media berbasis teknologi yang memiliki keunggulan dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Untuk itu Program Pascasarjana S2 Pendidikan Geografi UNM berinisiatif memberikan pelatihan Penggunaan aplikasi Classpoint bagi Guru-Guru di SD Negeri 2 Kampung Baru Majene. Peserta pelatihan ini terdiri dari 15 peserta yang semuanya merupakan guru SD Negeri 2 Kampung Baru Majene. Evaluasi dari pelatihan ini berdasarkan atas pemahaman peserta pelatihan pada setiap sesi. Berdasarkan hasil evaluasi, Classpoint ini sangat bermanfaat bagi para guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif. Semua indikator dari respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi serta reratanya berkategori baik sekali.

Kata kunci: Pelatihan, Classpoint, Media Pembelajaran Interaktif.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arman Suryadi Karim, O., Agarina, M., Said Hasibuan, M., & Royan Fauzi, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Bagi Guru di Propinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Astari, T. (n.d.). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran yang Menarik dan Interaktif dengan Classpoint. https://doi.org/10.21137/jpp.2022.7.2.3

Jayanti, N. S. D., Nurrohmah, A., & Ermayani, T. (2022). Adaptasi Teknologi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan II di SD Negeri Pantirejo 1 Kabupaten Sragen. Manggali, 2(1), 97. https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.2017

Nastiti, I., & Saepuloh, L. (n.d.). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Berbasis It Bagi Guru-Guru SMP Daarul Faalah Cisaat Kabupaten Sukabumi. In Jurnal Surya : Seri Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 2).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Setiawan, I., Setiyanto, S., Kumalasari Nurnawati, E., Studi Sistem dan Teknologi Informasi, P., & Sains Dan Teknologi, F. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Memngembangkan Media Pembelajaran Interaktig Berbasis Tatap Muka Online Menggunakan Classpoint di SMA Negeri 1 Karangpandan Karangnanyar. In Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat Hal : 1-12 (Vol. 4, Issue 1).

Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76–87.


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.