Workshop Penulisan Puisi Kreatif bagi Kelompok MGMP Bahasa Indonesia Jenjang SMA di Kabupaten Takalar

Kembong Daeng(1*), Sakinah Fitri(2),

(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


AbstrakKegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi kreatif  Kelompok MGMP Bahasa Indonesia jenjang SMA di Kabupaten Takalar.  Observasi awal yang telah dilakukan oleh tim PKM pada siswa jenjang SMA di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan menunjukkan bahwa hasil menulis puisi kreatif belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pembelajaran menulis puisi menjadi salah satu kesulitan siswa karena pada kenyataannnya, pembelajaran menulis puisi kreatif di sekolah cenderung untuk dihindari oleh guru, apalagi guru yang pengetahuan dan kompetensinya kurang dalam menulis  puisi. Berdasarkan tujuan dan target yang akan dicapai, metode yang digunakan dalam PKM ini adalah pemberian materi (ceramah), demonstrasi, diskusi, dan praktik (pendampingan menulis puisi kreatif). Agar mitra memiliki pengetahuan yang berkaitan dengan teknik menulis puisi kreatif maka dilakukan metode ceramah. Tim pengabdi memberikan materi teknik menulis puisi kreatif. Agar mitra memiliki kemampuan dalam menulis puisi kreatif, maka metode yang digunakan adalah demonstrasi dan diskusi. Agar mitra dapat meningkatkan kemampuan dirinya secara mandiri dalam menulis puisi kreatif maka metode yang digunakan adalah pendampingan menulis puisi kreatif. Setelah pelaksanaan PKM ini, guru-guru peserta workshop memiliki pemahaman yang baik mengenai puisi sebagai karya sastra serta kemampuan yang baik dalam menulis puisi kreatif.

Kata Kunci: penulisan puisi kreatif, guru Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Nissim, Yonit, dkk. 2016. The Effect of a Simulating Learning Environment on Pre-Service Teachers Motivation and 21st Century Skills. Canadian Center of Science and Education and Learning; Vol.5, No.3:.

Riama. 2020. Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia di Sekolah. Majalah Ilmiah warta Dharmawangsa. Vol. 14, No. 3:423 418-427.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.