Workshop Penulisan Puisi Kreatif bagi Kelompok MGMP Bahasa Indonesia Jenjang SMA di Kabupaten Takalar
(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak – Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi kreatif Kelompok MGMP Bahasa Indonesia jenjang SMA di Kabupaten Takalar. Observasi awal yang telah dilakukan oleh tim PKM pada siswa jenjang SMA di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan menunjukkan bahwa hasil menulis puisi kreatif belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pembelajaran menulis puisi menjadi salah satu kesulitan siswa karena pada kenyataannnya, pembelajaran menulis puisi kreatif di sekolah cenderung untuk dihindari oleh guru, apalagi guru yang pengetahuan dan kompetensinya kurang dalam menulis puisi. Berdasarkan tujuan dan target yang akan dicapai, metode yang digunakan dalam PKM ini adalah pemberian materi (ceramah), demonstrasi, diskusi, dan praktik (pendampingan menulis puisi kreatif). Agar mitra memiliki pengetahuan yang berkaitan dengan teknik menulis puisi kreatif maka dilakukan metode ceramah. Tim pengabdi memberikan materi teknik menulis puisi kreatif. Agar mitra memiliki kemampuan dalam menulis puisi kreatif, maka metode yang digunakan adalah demonstrasi dan diskusi. Agar mitra dapat meningkatkan kemampuan dirinya secara mandiri dalam menulis puisi kreatif maka metode yang digunakan adalah pendampingan menulis puisi kreatif. Setelah pelaksanaan PKM ini, guru-guru peserta workshop memiliki pemahaman yang baik mengenai puisi sebagai karya sastra serta kemampuan yang baik dalam menulis puisi kreatif.
Kata Kunci: penulisan puisi kreatif, guru Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Nissim, Yonit, dkk. 2016. The Effect of a Simulating Learning Environment on Pre-Service Teachers Motivation and 21st Century Skills. Canadian Center of Science and Education and Learning; Vol.5, No.3:.
Riama. 2020. Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia di Sekolah. Majalah Ilmiah warta Dharmawangsa. Vol. 14, No. 3:423 418-427.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Article Metrics
Abstract view : 24 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.