Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar

Aslan Abidin(1*), Irma Satriani(2), Faisal Faisal(3),

(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Menulis puisi merupakan bentuk penyampaian gagasan dalam bentuk bahasa yang estetik. Aktivitas menulis puisi menjadi masalah tersendiri bagi siswa kelas X SMAN 10 Makassar. Hal itu disebabkan penguasaan bahasa dan pengetahuan mengenai puisi serta cara menuliskannya yang masih kurang. Hal ini terlihat pada minimnya puisi yang ditulis dan diterbitkan oleh siswa di majalah dinding sekolah maupun media lain. Padahal, rangkaian panjang dalam proses menulis puisi –mulai dari membaca karya sastra dan buku-buku pendukung lainnya sampai melakukan pengamatan maupun penelitian— merupakan kegiatan literasi yang akan meningkatkan kualitas intelektual siswa. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih siswa menambah pengetahuan dengan membaca, menulis dan menghasilkan karya sastra berupa puisi. Keterampilan menulis puisi dapat diperoleh dan dikuasai melalui pelatihan dan praktik intensif sehingga membuat siswa menjadi kreatif dan produktif. Pelatihan ini dilakukan secara langsung dan beberapa tahap. Pertama, mengidentifikasi kemampuan awal siswa. Kedua, memberikan pelatihan menulis puisi. Ketiga, memberikan penugasan menulis puisi. Hasil pelatihan menulis puisi ini menghasilkan 34 puisi untuk diterbitkan menjadi sebuah buku kumpulan puisi siswa kelas X SMAN 10 Makassar.

Kata kunci : Pelatihan, menulis puisi, SMAN 10 Makassar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ariyana, Intan Sari Ramadani, & Nori Anggraini. 2021. Peningkatan Budaya Literasi dengan Pelatihan Menulis Puisi di SMA Muhammadiyah 3 Kota Tangerang. Jurnal Layanan Komunitas & Buletin Pekerjaan Sosial. (1), (1): 34-38

Keraf, Gorys. 1998. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Kurniawan, Khaerudin. 2015. Bahasa Indonesia Keilmuan untuk Perguruan Tinggi. Bandung : PT Refika Aditama.

Mulyati, Yeti, dkk. 2011. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurgiyantoro, Burhan. 2000. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semi, M.Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiharto, R.Toto. 2008. Pandai Menulis Fiksi. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1993. Teori Kesusateraan . Jakarta: Gramedia.

Widdowson, H.G. 1997. Stilistika Pengajaran Sastra. Surabaya: Pers Universitas Airlangga.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.