PKM Pelatihan Pembelajaran Digital Untuk Guru SMP di Kabupaten Takalar

Dyah Darma Andayani(1*), Ummu Khadanah(2), Rismawati Rismawati(3),

(1) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pembelajaran digital adalah proses belajar yang menggunakan teknologi digital dan internet untuk memfasilitasi dan meningkatkan pengalaman belajar. Beberapa manfaat pembelajaran digital antara lain kenyamanan waktu dan tempat, akses ke berbagai sumber belajar, interaktivitas yang lebih baik, dan pemantauan pembelajaran yang lebih baik. Namun, pembelajaran digital juga memiliki beberapa tantangan seperti jangkauan digital dan keterbatasan akses internet. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama ke teknologi dan internet agar tidak ada siswa yang tertinggal. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di Kabupaten Takalar, tim peneliti berkesimpulan bahwa proses pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan masih dibuat dan dilaksanakan secara konvensional. Masih terdapat kesenjangan dalam pengembangan dan penggunaan konsep serta penerapan media berbasis digital. Padahal teknologi-teknologi ini memungkinkan guru dan siswa untuk berinteraksi secara virtual dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih terstruktur dan terukur. Hal ini menjadi alasan peneliti menganggap penting untuk mengembangkan keterampilan para guru di Kabupaten Takalar sehingga pelatihan yang diselenggarakan diharapkan dapat memperkuat keterampilan para guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih inovatif dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Kata kunci: Pelatihan, Pembelajaran Digital, Guru.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bambang sucipto dan Kustandi, Media Pembelajaran Manual dan Digital, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011).

Nugraha, D. A., & Sudiyono, S. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio Bagi Guru-Guru Sdn Merjosari 1. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 182-187.

Rahman, N., Maemunah, M., Haifaturrahmah, H., Fujiaturahmah, S., & Sari, N. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Bagi Guru SMP. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 621-630.

Rajagukguk, K. P., Lubis, R. R., Kirana, J., & Rahayu, N. S. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4d Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14-22.

Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & Saddam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158-166.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.