Pelatihan Model-Model Pembelajaran Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMA Negeri 11 Pangkep

Army Auliah(1*), Iwan Dini(2), Zuhrah Adminira Ruslan(3),

(1) Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Kurikulum Merdeka menjadi salah satu solusi dari pemerintah untuk menciptakan pembelajaran intrakurikuler yang beragam sesuai dengan konsep dan menguatkan kompetensi peserta didik berdasarkan konten waktu belajar yang lebih optimal. Kegiatan PKM yang dilaksanakan di Kabupaten Pangkep yang bermitra dengan UPT SMA Negeri 11 Pangkep, Sulawesi Selatan dengan memberikan materi tentang model-model pembelajaran yang dapat diterapkan pada Kurikulum Merdeka seperti Discovery Learning, Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Blended Learning. Setelah mengikuti pelatihan ini, maka diharapkan guru – guru dapat meningkatkan tingkat profesionalitasnya sebagai pendidik. Selain itu, kegiatan PKM ini juga bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik yang menerapkan keterampilan abad 21 yaitu 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, dan Creativity) sebagai generasi Z untuk menghadapi perkembangan informasi dan teknologi. Sebanyak 15 peserta pelatihan telah mengerti dan  memahami  dengan baik cara memilih, menyusun, dan menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif pada era Kurikulum Merdeka.  Hal ini dibuktikan dari animo peserta PKM yang terlihat serius dan antusias selama kegiatan PKM berlangsung dengan melibatkan beberapa guru-guru yang tergabung dalam MGMP tingkat SMA di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Kata kunci: Keterampilan 4C, Kurikulum Merdeka, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dapodik. 2023. Data Pokok Pendidikan SMA Negeri 11 Pangkep. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/C8AF9D174F006A0B0CF0. Diakses pada 23 Februari 2023.

Kemdikbud. 2022. Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/. Diakses pada 23 Februari 2023.

Indarta, Y. dkk. 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Hal. 3011 – 3024.

Zubaidah, S. 2018. Mengenal 4C: Learning and Inovation skills untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding: Seminar 2nd Science Education National Conference di Universitas Trunojoyo Madura 13 Oktober 2018.


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.