Upaya Peningkatan Kualitas Produk dan Manajemen Usaha Pada Kelompok Usaha Batu Bata

Amiruddin Tawe(1*), Andi Mustika Amin(2), Asniwati Asniwati(3), Rahmat Riwayat Abadi(4), Nurul Fadilah Aswar(5),

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(5) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perkembangan usaha batu batu yang belum begitu berkembang padahal mempunyai peranan sebagai sumber kesempatan kerja dalam meningkatkan kesejahteraan secara ekonomi. Kualitas yang melekat pada suatu produk menjadikannya sebagai suatu alat untuk dapat diterima di masyarakat secara meluas, selain daripada harga, promosi, ataupun kualitas pelayanan. Penciptaan produk yang berkualitas selalu diterapkan pada berbagai perusahaan dengan mengawasi setiap proses produksinya, mulai dari pengawasan bahan baku sampai pada proses produksi. Selain itu, manajemen usaha perlu diterapan pada setiap unit usaha agar pembentukan lingkungan bisnisnya dapat saling terintegrasi demi tujuan bersama. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu dilakukan upaya dalam peningkatan kualitas produk dan manajemen usaha yang efektif dan efisien sehingga mampu mengelola dan menghasilkan produk yang memiliki kualitas tinggi. Langkah awal yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat adalah sosialisasi kepada masyarakat terkait peningkatan kualitas produk dan manajemen usaha yang efektif dan efisien serta strategi yang akan diterapkan pada kelompok usaha batu bata.

Kata kunci: kualitas, produk, manajemen usaha


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, R., Amir, M. Y., & Basry, W. (2019). PKM dalam Peningkatan Kualitas dengan Penggunaan Abu Sekam Padi sebagai Pengganti Sebagian Tanah Liat di Desa Kalukubula Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Siimo Engineering. 3(1), 23-28.

Ebert, R. J., & Griffin, R. W. (2007). “Bisnis”, Alih Bahasa Rd. Soemarnagara. Erlangga.

Fuad, M., Christine, H., Nurlela, Sugiarto, Paulus, Y. E. F. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Otoo, F. N. K., Otoo, E. A., Abledu, G. K., & Bhardwaj, A. (2019). Impact of human resource development (HRD) practices on pharmaceutical industry’s performance. European Journal of Training and Development. 43(1), 188–210. https://doi.org/10.1108/EJTD-09-2018-0096.

Panennungi, T., & Aras, A. (2015). Analisis Karaktersistik Batu Bata Produksi Industri Kerajinan Rakyat di Kabupaten Gowa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Shantika T., & Saefudin, E. (2008). Perancangan Mekanisme Mesin Pencetak Bahan Batu Bata Merah Kapasitas 8 Buah per Menit. In: Seminar Nasional VII Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri Kampus ITENAS-Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.