Pelatihan Penyusunan Strategi Pengembangan Bisnis Pada Kelompok Usaha Batu Bata

Tenri S. P. D Ipoatmodjo(1*), M. Ichwan Musa(2), Isma Azis Riu(3), Andi Mustika Amin(4), Rahmat Riwayat Abadi(5), Annisa Paramaswary Aslam(6),

(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(3) 3Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
(5) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(6) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pembangunan yang berkelanjutan mampu memberikan peluang bagi banyak orang. Dengan pendapatan yang tinggi untuk menunjangnya, hal ini akan memberikan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti tempat tinggal. Bisnis batu bata adalah salah satu dari banyak jenis pekerjaan dalam perekonomian. Salah satu sumber pendapatan masyarakat yang tinggal di Kabupaten Gowa di Provinsi Sulawesi Selatan adalah industri batu bata. Setiap bisnis ingin berkembang, dan salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan berupaya meningkatkan pendapatan. Program-program dalam pembangunan masyarakat yang disusun harus memenuhi kebutuhan masyarakat. Adapun perencanaan dalam penyusunan program-program pembangunan atau membangun kegiatan usahanya pada suatu daerah harus dilakukan analisis kebutuhan masyarakat. Bisnis batu bata diperkirakan akan meningkatkan pendapatan masyarakat, dan ketika pendapatan meningkat, kesejahteraan masyarakat dan peluang kerja juga akan meningkat. Agar dapat bersaing, kelompok usaha juga harus fokus pada metode untuk mengembangkan dan mempertahankan usaha yang sudah ada. Analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threats) merupakan salah satu metode yang sering digunakan.

Kata kunci: bisnis, pengembangan, strategi, SWOT


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Angipora, M. P. (2002) Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Ching, Hong, Y., & Fauvel, C. (2013). Criticisms, variation and experiences with business model canvas. International Journal of Small Business and Entrepreneurship Research. 1(4), 18-29.

Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi Perdesaan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Menghitung Bobot, Ranting, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.