Pelatihan pembuatan Modul Keaksaraan Segitiga A-I-U Bagi Anak Usia Dini di Kabupaten Polewali Mandar

Nasrah Natsir(1*), Nurul Mukhlisah Abdal(2), Herlina Herlina(3),

(1) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
(2) Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah,
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Media pembelajaran menarik menjadi satu daya tarik dalam pembelajaran anak usia dini. Penggunaan media dapat memberikan kemudahan bagi guru Pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam menyampaikan materi yang akan diberikan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian pengembangan dalam pembuatan media pembelajaran. Media yang dikembangkan adalah modul pembelajaran keaksaraan segitiga A-I-U bagi anak usia dini di Kabupaten Polewali Mandar. Pengembangan media ini dilakukan untuk pengenalan keaksaraan awal, dengan menggunakan model penelitian Research and Development (R & D). Tahapan penelitian R & D mencakup potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, produk, uji coba produk skala kecil, uji coba skala besar dan produksi massal. Pada penelitian ini tidak semua tahapan dilaksanakan mengingat keterbatasan waktu dan biaya sehingga penelitian hanya sampai tahap validasi kelayakan dan revisi desain menjadi produk akhir. Kelayakan produk pelatihan modul pembelajaran keaksaraan segitiga A-I-U divalidasi oleh ahli dan penilaian dari pengguna dalam hal ini guru PAUD. Berdasarkan analisa data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran keaksaraan segitiga A-I-U cukup layak untuk  dijadikan media. Nilai Hasil rerata validasi menunjukkan 3,25 dari skala 5 yang artinya  cukup layak.

 

Kata kunci: Pengembangan model, Pembelajaran keaksaraan, Segitiga AIU, Anak Usia Dini, Bahasa Ibu.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Yennizar. (2018). Optimalisasi Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Saintifik. JISEC (Journal of Islamic Studies For Early Childhood, 1(1).

Amini. (2016). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata di Taman Kanak Kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 673–683.

Fitriyani, N., Tresnawati, D., & Hadiyanto, N. (2014). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf dan Warna untuk Anak Usia DIni Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 11(1), 1–9.

Guswarni, E. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Permainan Kartu Gambar di Taman Kanak Kanak Negeri Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–12.

Hayati, Z. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dari Botol Plastik dan Koran Bekas untuk Meningkatkan Kreativitas. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Indriyani, F., & Sihite, K. R. (2015). Pengenalan Huruf, Angka dan Warna Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Multi Media. Paradigma, XVII(1), 28–35.

Izzaty, R. E., Cholimah, N., & Wulandari, R. (n.d.). Pengembangan Buku Cerita Tematik Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Membaca Pada Anak Prasekolah.

Kurnia, R., & Zulkifli, N. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Bahan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanan Melati Dharma Wanita Air Tiris Kecamatan Kampar. EDUCHILD, 5(1), 27–36.

Maulidya, A. R., Sa’dullah, A., & Lismanda, Y. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Pohon Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain Stroberi Restu 1 Malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–9.

Muflikha, E. S. (2013). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias di PAUD Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan. Spektrum PLS, 1(1).

Nuraeni, A. (2016). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3), 245–256.

Pangastuti, R., & Farida, S. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al Hikmah: Indonesia Journal of Early CHhildhood Islamic Education, 1(1), 51–66.

Putra, L. D., & Ishartiwi. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka dan Huruf untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178.

Ramadani, R. (2015). Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Menebalkan Huruf. Jurnal Pendidikan Anak, IV(1), 582–587.

Ratnasari Dwi Ade Chandra. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal A,I,U,E,O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember. INDRIA, Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, II(1), 45–71.

Sari, F. D., & Simatupang, N. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Papan Flashcard Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok A TK Putra Airlangga Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 6(3).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhermin. (2019). Penerapan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Peserta Didik Kelompok A di RA Muslimat NU Al Hikmah Wagir Malang. Jurnal Dewantara, 1(1), 19–24.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.