PKM Sosialisasi Keolahragaan dengan Massage dan Fisioterapi Siswa SMAN 1 Polewali Kabupaten Polman

Dahlan Dahlan(1*),

(1) Jurusan pendidikan kepelatihan olahraga, fakultas ilmu keolahragaan dan kesehatan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Ilmu keolahragaaan merupakan disiplin ilmu yang bersentuhan lansung dengan kehidupan masyarakat dan sudah menjadi kebutuhan mendasar dalam aktivitas kita saat ini. Penggunaan ilmu pengetahuan teknologi informasi keolahragaaan dan kesehatan diharapkan mampu memberikan solusi dalam mengatasi dan mencegah masalah yang berkaitan kesehatan dan kebugaran jasmani. Massage merupakan sebuah disiplin ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani. Ilmu pengetahuan massage dapat diterapkan secara langsung pada masyarakat untuk mendukung program kesehatan yang dicangkan oleh pemerintah. Gerakan dasar massage terdiri dari eflurase ringan, eflurase keras, petrisage, sheking rol, friction, wolken, tapok temen, ekstention, dan vibration. Gerkan dasar massage ini harus dipraktekkan secara langsung setelah mengikuti sosialisasi dan pelatihan. Dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan Massage dan fisioterapi siswa SMAN I Polewali Kabupaten Polman Sulawesi Barat yang terbagi atas tiga sesi yaitu materi teori, dan meteri prakek serta evaluasi pada setiap akhir pertemuan. Pelaksanaan PKM  di pusatkan di SMAN I Polewali Kabupaten Polman Sulawesi Barat. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan yang berkaitan langsung dengan kesehatan dan percepatan pemulihan massage.

 

Kata kunci: Massage, Kesehatan, dan Percepatan Pemulihan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badaru, B., & Juhanis, J. (n.d.). PKM Penerapan Therapy Massage Sport Injury pada Cedera Engkel Atlet Gulat Sulawesi Selatan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dahlan, & Adi Wijayanto. (2022). Idealisme Pendidikan Jasmani, Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (Adi Wijayanto. dkk (ed.); pertama No). AKADEMIA PUSTAKA. www.akademiapustaka.com

Giriwijoyo, S., Ray, H. R. D., & Sidik, D. Z. (2020). Kesehatan, Olahraga, dan Kinerja. Bumi Medika.

Naufal, A. F., & Zein, R. H. (2019). LATIHAN FISIK DAN PEMBATASAN KALORI MERUBAH TIPE SERAT OTOT RANGKA. Proceeding of The URECOL, 110–116.

Rahman, G. (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Mengefektifkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Polewali. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Trisnowiyanto, B. (2016). Pengaruh Latihan Konvensional Dan Akuatik Pada Pemulihan Kemampuan Motorik Penyandang Hemiparesis Pasca Stroke Infark. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN JASMANI PASCASARJANA UM, 541–548.


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.