PKM Pemberdayaan Pemuda Melalui Keterampilan Servis Barang Elektronik Di Kota Makassar

Mantasia Mantasia(1*), Tasri Ponta(2), Fitrah Asma Darmawan(3), Saharuddin Saharuddin(4),

(1) Fakultas Teknik Universitas negeri Makassar
(2) Fakultas Teknik Universitas negeri Makassar
(3) Fakultas Teknik Universitas negeri Makassar
(4) Fakultas Teknik Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. PKM Pemberdayaan Pemuda Pengangguran di Kota Makassar bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta kecakapan hidup ( life skills ) yang dapat mereka gunakan untuk berwirausaha ataupun bekerja pada orang lain. Kegiatan ini sangat membantu mitra dan menjadi solusi alternatif dalam mengurangi angka kemiskinan di Kota Makassar. Selain dari itu, mereka dapat membantu perekonomian keluarga, minimal mereka tidak lagi menjadi beban keluarga dan beban masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: 1) Pemberian keterampilan servis barang elektronik serta pemeliharaannya, dan 2) Peningkatan pemahaman dan wawasan kewirausahaan. Pemberian keterampilan dilakukan dengan cara simulasi dan praktek langsung dengan objek yang sesungguhnya. Sedangkan pemahaman kewirausahaan dan pengembangan karakter dilakukan melalui metode ceramah dan tanya jawab, peserta diarahkan untuk membuka lapangan kerja sendiri ataupun bila bekerja dengan orang lain dapat diterima dengan baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah meningkatnya keterampilan peserta pelatihan servis barang elektronik dan munculnya minat pemuda untuk berwirausaha.

 

Kata kunci: Pelayanan Barang Elektronik, pemuda kemiskinan, pemberdayaan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Basir, M. 2013. Hubungan Sosial dan Akses Sosial Masyarakat pada Lingkungan Pemukiman Kumuh di Kota Makassar, Universitas Hasanuddin.

Effendi, N.,&Tajuddin. 1996. Perkembangan Penduduk, Sektor Informal, dan Kemiskinan Kota. Dalam Agus Dwiyanto (Ed). Penduduk dan Pembangunan. Yogyakarta: Aditya Media.

Fitrah, A. Nawawi, J & Rahmatullah. 2014. Peran Pemerintah Kota Makassar dalam Pengentasan Kemiskinan pada Program UEP dan KUBE, journal.unhas.ac.id/index.php/government/article/download/.../pdf, diakses tanggal 23 Februari 2017.

Surip, 2011. Implementasi model project work dalam pembelajaran mixing bahan kimia untuk meningkatkan karakter kerja professional peserta didik.Yogyakarta.PTK


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.