Peran Staf Kelurahan Dalam Mendata Registrasi Vital Penduduk Di Kelurahan Dualimpoe Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo

Sukri Nyompa(1*), Amal Amal(2), Uca Uca(3),

(1) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak – Masalah Registrasi Vital merupakan salah satu masalah kependudukan yang perlu mendapat perhatian secara serius, cermat, teliti dan tertib administrasi karena Registrasi Vital dalam melaksanakan pencatatan setiap ada kejadian seperti kelahiran, kematian, migrasi masuk dan migrasi keluar perlu dicatat dan dikelola dengan benar, teliti dan rapih. Sehubungan dengan itu, pengabdian ini betujuan memberikan pengetahuan, dan ketrampilan kepada staf kelurahan Dualimpoe Kecamatan Maniangpajo. Pelaksanaan PKM ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan selama 2 hari yang diikuti sebanyak  14 orang terdiri dari Lurah dan seluruh staf kelurahan. Metode yang digunakan ceramah, tanyajawab, diskusi dan penugasan. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta dapat memahmi dan dapat melakukan kegiatan pencatatan, mengolah dan menganalisis data registrasi vital dengan benar dan tepat.

 

Kata kunci : Peran Staf Kelurahan, Data Registrasi Vital


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Nyompa, Sukri, 2017. Migrasi dan Akta Pentabiran kependudukan di Bandar Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Geografia Malaysia Journal of Society And Space, UKM, Malaysia.

Nyompa, Sukri, 2020. Peran Staf Kelurahan dan Ketua- Ketua ORW Tentang Pentingnya Data Kependudukan Registrasi Vital di pulau barrang Lompo Kecamatan Kepulauan Singkarrang Kota Makassar, LP2M UNM, Makassar.

Pemda Kota Makassar, 2009. Peraturan Daerah Kota Makassar, Nomor 9 Tahun 2009, Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Makassar, Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Makassar.

Pemda Kabupaten Wajo, 2020. Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil, Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Waqjo.

BPS, 2021. Kabupaten Wajo dalam Angka,

BPS, Sengkang.


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.