PKM Pelatihan Model Pembelajaran SQRW bagi Guru di SD Negeri 19 Rangas Kab. Majene

Abd Halik(1*), Wawan Krismanto(2), Nur Ilmi(3), Muhammad Amran(4),

(1) Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Penerapan model pembelajaran merupakan salah satu faktor penunjang dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang tepat mampu membuat siswa lebih mudah menerima materi secara efektif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 19 Rangas Kab. Majene diketahui bahwa : 1) Pengetahuan guru terhadap model pembelajaran yang inovatif masih minim. 2) Pengetahuan guru terkait model pembelajaran SQRW (Survey, Question, Read and Write) masih kurang. Untuk itu, diadakanlah pelatihan terkait model pembelajaran. Adapun tujuan pengabdian ini adalah 1) memberikan materi model-model pembelajaran inovatif, khususnya model pembelajaran SQWR (Survey, Question, Read and Write) 2) memberikan materi langkah-langkah penerapan model pembelajaran khususnya model SQRW(Survey, Question, Read and Write). Sasaran dalam pengabdian ini adalah guru-guru di SD Negeri 19 Rangas Kab. Majene. Adapun metode yang dilakukan yakni ceramah, tanya jawab dan praktik. Setelah pelatihan, 1) Guru mampu menjelaskan model-model pembelajaran terutama model pembelajaran pembelajaran SQRW, 2) Guru mampu menerapkan langkah-langkah model pembelajaran SQRW.

Kata kunci : Model Pembelajaran,  SQRW, Guru.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alicia, Doana. 2017. Teaching Reading through Survey, Question, Read and Write (SQRW) at Junior High School 20 Padang. Al-Ta’lim Journal. Vol. 24. No.3

Friani, I. F., Sulaiman, & Mislinawati. (2017). Kendala Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 88–97.

Harrison, C. (2004). Understanding reading development. London. England: Sage Publications, Ltd.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.