Pelatihan Pembuatan Kemasan Bagi Pembudidaya Jamur Tiram di Desa Simbang Kabupaten Maros

Ridwansyah Ridwansyah(1*), Siti Faika(2), Sutarsi Suhaeb(3), Hendra Jaya(4), Muh. Maruf Idris(5),

(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pengemasan merupakan salah satu proses terpenting untuk menjaga kualitas produk pangan selama penyimpanan dan saat berada dalam perjalanan. Pengemasan yang baik tidak hanya menjaga kualitas makanan tetapi juga memberikan manfaat pendapatan yang signifikan. Selama distribusi, mutu produk pangan dapat mengalami penurunan secara biologis, kimia, dan  fisik. Oleh karena itu, kemasan pangan membantu memperpanjang umur simpan dan menjaga kualitas serta keamanan produk pangan. Metode utama yang ditempuh dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah: 1) Pada waktu penyajian materi penyuluhan Pembuatan Kemasan Bagi Pembudidaya Jamur Tiram, metode yang digunakan adalah; ceramah, diskusi, tanya jawab, dan simulasi; 2) Pada saat Melatih dan mendampingi kelompok pembudidaya Jamur Tiram (mitra) mengenai pelaksanaan Pembuatan Kemasan Bagi Pembudidaya Jamur Tiram menggunakan aplikasi Canva, metode yang digunakan adalah; demonstrasi. Hasil  kegiatan pengabdian  masyarakat antara lain: 1) Pelatihan produksi kemasan bagi pembudidaya jamur tiram di desa Simbang Kabupaten Maros diperoleh sejumlah materi  desain pengemasan yang tepat dalam upaya peningkatan hasil produk jamur tiram; 2) Materi yang disampaikan dapat diterima, diserap dan dipahami oleh peserta pelatihan; 3) Kegiatan berjalan dengan baik, lancar, tepat waktu dan sesuai rencana serta peserta dapat berkomunikasi dengan baik dengan pemateri maupun peserta lainnya.

Kata kunci: Pengemasan, Jamur Tiram, Budidaya


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kermi Diasti, 2021. Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Belajar Dalam Jaringan ( DARING). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. Vol. 1 No. 2 (2021). Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M). STIT Al-Quraniyah Manna Bengkulu.

Dokumen Rencana Program Investasi Infrastruktur Jangka Menengah (RPI2-JM) Kabupaten Maros Tahun 2015-2019.

Maulana, Erie. 2012. Panen Jamur Tiap Musim. Lampung: Lily Publisher.

Heddy Swasono. 2010. Agroekosistem, Permasalahan Lingkungan Pertanian. Jakarta: Rajawali pers.

Syafar, Faisal, Halimah Husain, Ridwansyah, Sabran Harun. 2019. Key Data and Information Quality Requirements for Asset Management in Higher Education: A case Study.

Djawad, Yasser., Hendra Jaya, Sabran. 2018. Mikrokontroler dan Interace. Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNM


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.