Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 8 Makassar

Haedar Akib(1*), Risma Niswaty(2), Muh. Darwis(3), Nasaruddin H(4), Nasir Nasir(5),

(1) Program Studi S-3 Ilmu Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi S-2 Ilmu Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ilmu Administrasi, FIS-H Universitas Negeri Makassar
(4) Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ilmu Administrasi, FIS-H Universitas Negeri Makassar
(5) Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ilmu Administrasi, FIS-H Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan sangat beragam, mulai dari bidang administrasi, manajemen, dan juga dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan adalah penggunaan program komputer sebagai bahan ajar. Program komputer ini termasuk Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Office PowerPoint. Salah satu program komputer yang sering digunakan sebagai alat pendidikan adalah program Microsoft Office PowerPoint atau yang dikenal dengan PPT. PPT umum digunakan dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran, PPT digunakan untuk menampilkan materi dalam bentuk slide show.Hal yang pertama dilakukan adalah melakukan observasi terhadap pembelajaran dan wawancara dengan guru dan siswa terkait media pembelajaran Selanjutnya memilih media yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi di sekolah, kemudian merancang media dnegan membuat storyboard. Selanjutnya pembuatan media, dilanjutkan validasi media. Kemudian dilanjutkan penyerahan Media pembelajaran kepada sekolah tujuan. Hal terakhir adalah evaluasi terhadap media yang terlah diserahkan. Media pembelajaran yang dibutuhkan oleh guru mata pelajaran korespondensi di SMK Negeri 8 Makassar adalah media PowerPoint dan media infografis. Media yang telah diserahkan digunakan dengan baik oleh guru dan mendapatkan trespon positif dari guru dan siswa.

Kata kunci: Media, PowerPoint, infografis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Darwis, M., Nasrullah, M., & Arhas, S. H. (2022). Comparative Study: The Use of Online and Offline Learning Media. SHS Web of Conferences, 149, 01011.

Hartina, R. S., Tambe, M. N., & Darwis, M. (2015). Peranan Media Pembelajaran Visual dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas XI AP1 di SMK Negeri 1 Makassar. Jurnal Office, 1(2), 160–165.

Jamaluddin, J., Arhas, S. H., & Nasrullah, M. (2021). PKM Pembuatan Media untuk Pembelajaran Online. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Niswaty, R., & Arhas, S. H. (2019). The Effect of Learning Media on Progress Quality in Office Administration Program in Vocational School Negeri 1 Watampone Bone Regency. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012042.

Saleh, S., Arhas, S. H., Haerul, H., & Nasaruddin, N. (2019). Utilization of Learning Media in Digital Simulation Subjects. Jurnal Office, 4(2), 79–90.

Saleh, S., Darwis, Muh., & Arhas, S. H. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik dan Non-Elektronik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 73–80.

Suprianto, S., Arhas, S. H., & Salam, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 137–146.


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.