PKM Pelatihan E-Modul Bagi Guru Ekonomi di Kabupaten Barru

Rahmatullah Rahmatullah(1*), Inanna Inanna(2), Nurjannah Nurjannah(3), Marhawati Marhawati(4),

(1) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Jl. A.P. Pettarani, Kampus UNM Gunungsari Baru Makassar
(2) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Jl. A.P. Pettarani, Kampus UNM Gunungsari Baru Makassar
(3) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Jl. A.P. Pettarani, Kampus UNM Gunungsari Baru Makassar
(4) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar Jl. A.P. Pettarani, Kampus UNM Gunungsari Baru Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada guru khususnya guru ekonomi tentang pentingnya pembuatan e-modul sebagai perangkat pembelajaran, sebagai upaya perbaikan proses dan kualitas proses pembelajaran di sekolah. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran latihan dan implementasi. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, latihan, dan diskusi. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan pembuatan e-modul yang berlangsung selama (2) dua hari mulai tanggal 9-10 September 2023. Materi yang disampaikan terdiri dari 2 (dua) tema pokok yaitu konsep dasar modul pembelajaran dan praktek pembuatan modul digital. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 23 guru SMA Negeri 1 Barru. Metode penyampian materi pelatihan terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan drill.

 

Kata Kunci: Modul Digital, Guru SMA Negeri 1 Barru


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Arkün, S. & Akkoyunlu, B. 2008. A Study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to the ADDIE Model and Students’ Opinions of the Multimedia Learning Environment. Interactive Educational Multimedia University of Barcelona.

Dalal, M. 2014. Impact of E-modul Tutorials in a Computer Science Laboratory Course–An Empirical Study. The Electronic Journal of e-Learning.

Kuncahyono. 2018. Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrsah Ibtidaiyah Education, 2 (2) 2018, p-ISSN: 2580-0868, e-ISSN: 2580-2739.

Muhammad Hasan, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran. CV Tahta Media Group. Klaten, Jawa Tengah. ISBN: 978-623-6436-51-6

Rahmatullah. 2018. Pembelajaran Ekonomi Berjatidiri Bangsa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 1 No. 1: 10-16.

Rahmatullah, Inanna. 2019. Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat. Volume 3 No. 1: 19-25.

Rahmatullah, Inanna, Andi tenri Ampa. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Volume 12 no. 2: 317-327.

Rahmatullah dkk. 2020. Developing Tematic Economic Comic with Characters for Early Childhood. Journal of Aducational Science and Technology. Volume 6 No. 3: 293-300.

Ramli, Anwar dkk. 2019. Peran Media dalam Meningkatkan Efektifitas Belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar.

Syamsudin. 2005. Psikologi Pendidikan dan Perkembangan.Yogya: Rineka Cipta

Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis flip book untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.