PKM Pengenalan dan Pelatihan Pemetaan Menggunakan Pesawat Tanpa Awak (Drone)

Ramli Umar(1*), Muhammad Rais Abidin(2), Ahyani Mirah Liani(3),

(1) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pemetaan menggunakan drone adalah metode yang semakin populer untuk mengumpulkan data geospasial dan gambar udara dengan cepat dan efisien hal tersebut dikarenakan pemetaan menggunakan drone telah mengubah cara kita mendapatkan informasi geospasial dan telah membuka pintu untuk berbagai aplikasi yang lebih efisien dan akurat dalam pemetaan dan pengawasan lingkungan. Pelaksanaan kegiatan Pengandian Kepada Masyarakat (PKM) ini berfokus pada pengenalan dan pelatihan pemetaan menggunakan pesawat tanpa awak atau drone yang terbagi atas pengenalan drone dan pelatihan pemetaan menggunakan drone. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa antusias peseta pelatihan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mulai dari materi pengenalan sampai pada materi pelatihan pemetaan menggunakan drone.

Kata kunci: Pengenalan, Pelatihan, Drone

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, M. R., Umar, R., Liani, A. M., & Hendra, H. (2022). Pemetaan Kawasan Taman Maccini Sombala Menggunakan Unmanned Aerial Vehicle ( UAV ). 1(1), 46–51.

Abidin, M. R., Umar, R., Qaiyimah, D., Malik, A., & Darwis, M. R. (2022). Pemetaan Menggunakan Pewasat Tanpa Awak ( Drone ) Kawasan Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ) Tamangapa. 245–248.

Umar, R., Abidin, M. R., Utama, I. M., & Liani, A. M. (2022). Pemetaan Berbasis Data Spasial di Desa Palangga Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. 278–282.


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.