Menggali Kearifan Lokal melalui Pelatihan Kacapi Ogi na Elong Menreq di Bonde Utara, Sulawesi Barat

Andi Agussalim AJ(1*), Bakhrani A. Rauf(2),

(1) Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Dalam era globalisasi yang terus berkembang, program kemitraan masyarakat (PKM) menjadi instrumen penting untuk memelihara kearifan lokal sambil mendorong pembangunan ekonomi di komunitas pedesaan. Artikel ini menggambarkan studi kasus pelaksanaan PKM Pelatihan Kacapi Ogi na Elong Menreq di Desa Bonde Utara, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Tujuan utama program ini adalah memenuhi kebutuhan komunitas sambil memadukan pelatihan kolaboratif antara dua kelompok etnik, yaitu Mandar dan Bugis. Program ini mengeksplorasi permainan Kacapi Ogi na Elong Menreq yang menggabungkan instrumen Bugis Kacapi dengan lagu Mandar sebagai pendamping, membentuk bentuk hiburan berkelanjutan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal di desa nelayan Bonde Utara. Artikel ini membahas latar belakang, permasalahan mitra, solusi yang diusulkan, metodologi pelaksanaan, hasil pelatihan, dan kesimpulan. Hasil program ini menunjukkan bagaimana kolaborasi antara budaya lokal dan aspek globalisasi dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi komunitas dan dapat menjadi inspirasi bagi komunitas pedesaan lain yang ingin mempertahankan nilai budaya mereka sambil menghadapi tantangan zaman.

 

Kata Kunci: Program Kemitraan Masyarakat, Kearifan Lokal, Kolaborasi Budaya, Sulawesi Barat, Desa Bonde Utara, Kacapi Ogi na Elong Menreq.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agussalim AJ, Andi. 2023. “Andi Agussalim AJ Petta Maddendangnge Channel Youtube”. Konten Video Permainan Kecapi Bugis.

Sandeqposnews.com. 9/9/2023. “Syukuran Nelayan dan Pesta Rakyat: Tradisi Pelestarian Adat dan Budaya di Desa Bonde Utara”.

Tim UNM. 2023. Panduan PNBP Penelitian dan Pengabdian kepada Msayarakat Tahun 2023, Universitas Negeri Makassar

Yampolsky, Philip (ed.). 1991–2000. Music of Indonesia. 20 compact discs. SFW CD 40055–7,40420-29, 40441-7, 40484. Washington, DC: Smithsonian Folkways Recordings.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.