PKM Sosialisasi Pickleball Di Madrasah Aliyah Negeri I (MAN I) Kabupaten Sinjai

Arifuddin Usman(1*), Muhammad Kamal(2), Ians Aprilo Ians Aprilo(3), Adam Mappaompo(4), Poppy Elisano Arfanda(5),

(1) Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Rekreasi Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Rekreasi Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Rekreasi Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Rekreasi Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Rekreasi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memperkenalkan Pickleball, sebagai salah satu olahraga terbaru di Indonesia, dan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik MAN 1 Sinjai saat mengikuti sosialisasi serta diharapkan pickleball dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pembinaan dan mengembangkan kepribadian peserta didik. Kegiatan PKM ini terbagi menjadi dua kegiatan, yaitu kegiatan di dalam ruangan dengan penjelasan  teori yang dilaksanakan dalam satu hari, yaitu penjelasan tentang sejarah, dan perkembangan olahraga pickleball dan pada hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan praktek tentang teknik dasar dan bermain pickleball bersama sambil praktek tentang peraturan permainan yang dilakukan selama 3 hari. Hasil dari PKM ini adalah membantu peserta didik MAN 1 Sinjai untuk memilih aktivitas fisik yang positif serta sebagian besar peserta sosialisasi dapat mempraktekkan teknik dasar dan permainan pickleball dengan baik dan benar sesuai dengan materi sosialisasi.

Kata kunci: sosialisasi, olahraga, pickleball


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Heidman, B. (2017). Pickleball Growing in Greater Sudbury. Sudbury Star. http://www.thesudburystar.com/2017/07/05/Pickleball-Growing-in-Greater-Sudbury.

Irvan, Syafruddin, M. A., Sutriawan, A., Hasanuddin, M. I., & Jahrir, A. S. (2023). PKM Pelatihan Olahraga Pickleball Pada Guru Olahraga di Kabupaten Sengkang. Proficio, 5(1).

Islam, P., Supremasi, D. A. N., & Asasi, H. A. K. (2012). Fakultas syariah dan hukum uin alauddin makassar 2012. 53.

Juhanis. (2013). Analisis Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Sma Negeri 2 Sinjai Utara. Jurnal ILARA, IV(1), 25–34.

Rosaugi, A. A. (2022). Peranan Kepolisian Dalam Menanggulangi Perilaku Seks Bebas Di Kalangan Remaja (Studi Kasus Polres Sinjai Tahun 2018 s/d 2020).

Sufitriyono. (2023). Sosialisasi Olahraga Pickleball (A. Wijayanto (ed.); 1st ed., Issue Agustus, pp. 65–70). Akademia Pustaka.

Vitale, K., & Liu, S. (2020). Pickleball: Review and Clinical Recommendations for this Fast-growing Sport. Current Sports Medicine Reports, 19(10), 406–413. https://doi.org/10.1249/JSR.0000000000000759


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.