Bantuan Media Pembelajaran pada SMK Negeri 7 Makassar

Sitti Hardiyanti Arhas(1*), Muh. Nasrullah(2), Jamaluddin Jamaluddin(3), Isgunandar Isgunandar(4), Suprianto Suprianto(5),

(1) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurasan Ilmu Administrasi, FIS-H Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurasan Ilmu Administrasi, FIS-H Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurasan Ilmu Administrasi, FIS-H Universitas Negeri Makassar
(4) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurasan Ilmu Administrasi, FIS-H Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Hukum Bisnis, Institut Teknologi dan Bisnis Maritim Balik Diwa
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Dengan adanya penggunaan media pembelajaran yang diterapkan oleh para guru dan pendidik lainnya diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar dan minat belajar serta motivasi belajar yang akan muncul dalam diri siswa. Maka dari itu pentingnya ada media pembelajaran yang harus diterapkan dalam setiap proses pembelajaran karena selain sebagai alat bantu dalam mengajar, media pembelajaran juga akan menjadikan proses pengajaran lebih menarik, lebih jelas, informasinya juga dengan cepat dipahami. Tahapan pengabdian yang dilakukan adalah wawancara dan observasi, identifikasi, pembuatan storyboard, pembuatan media, dan pemberian bantuan media kepada pihak sekolah. Dengan menggunakan fasilitas teknologi, pembuatan media pembelajaran berupa media audio visual dan media grafis atau media gambar yang dimana audio visual dan media gambar. Dengan adanya media pembelajaran yang diberikan kepada guru, membuat guru senang karena sudah memiliki media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan perkembangan peserta didik.

Kata kunci: media belajar, guru, audiovisual, storyboard


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Darwin, D., & Burhan, B. (2021). Digital Media and its Implication in Promoting Students’ Autonomous Learning. Jurnal Office, 7(2), 319–332.

Darwis, M., Nasrullah, M., & Arhas, S. H. (2022). Comparative Study: The Use of Online and Offline Learning Media. SHS Web of Conferences, 149, 01011.

Jamaluddin, J., Arhas, S. H., & Nasrullah, M. (2021). PKM Pembuatan Media untuk Pembelajaran Online. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Niswaty, R., & Arhas, S. H. (2019). The Effect of Learning Media on Progress Quality in Office Administration Program in Vocational School Negeri 1 Watampone Bone Regency. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012042.

Salam, R., Akib, H., & Daraba, D. (2018). Utilization of Learning Media In Motivating Student Learning. 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018).

Saleh, S., Darwis, M., & Arhas, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik dan Non-Elektronik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 73–80.

Suprianto, S., Arhas, S. H., & Salam, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran dan Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 137–146.


Article Metrics

Abstract view : 62 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.