Perancangan Materi Ajar Berbasis V-Makes Bagi Guru SDN Taan Kabupaten Mamuju

Muhammad Danial(1*), Taty Sulastri(2), Eda Lolo Allo(3), Wahidah Sanusi(4),

(1) Dosen PPs dan FMIPA UNM
(2) Dosen PPs dan FMIPA UNM
(3) Dosen PPs dan FMIPA UNM
(4) Dosen PPs dan FMIPA UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak - Tujuan kegiatan ini  adalah  guru:  (1) memahami  tentang prinsip materi ajar berbasis V-Makes, (2) memahami langkah-langkah teknis penyusunan materi ajar berbasis V-Makes, (3) memahami komponen-komponen yang harus terdapat dalam materi ajar berbasis V-Makes, dan (4) terampil merancang materi ajar berbasis V-Makes, serta (5) menghasilkan produk rancangan materi ajar berbasis V-Makes. Metode yang digunakan  untuk  mencapai  tujuan  tersebut adalah:  pemaparan materi tentang  prinsip materi ajar berbasis V-Makes oleh Tim Pengabdi, praktik penyusunan materi ajar berbasis V-Makes oleh peserta  pelatihan,  presentasi produk/hasil rancangan oleh peserta perwakilan, dan observasi serta wawancara peserta saat dan setelah kegiatan PKM ini dilaksanakan. Peserta kegiatan ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Taan Kabupaten Mamuju yang berjumlah 18 orang dan materi ajar yang dirancang adalah materi tematik terpadu kurikulum 2013 untuk kelas 2, 3, 4, 5, dan 6. Manfaat yang diharapkan setelah kegiatan PKM ini adalah peserta pelatihan atau workshop mampu merancang materi atau konsep ajar untuk tingkat sekolah dasar yang dapat divisualisasi secara tekstual atau gambar atau audio-visual (V), dapat diperlihatkan contoh benda secara langsung atau secara makroskopik (Mak), dan dapat dieksprimenkan atau dicobakan melalui percobaan atau eksprimen sederhana (es). Hasil kegitan PKM ini adalah (1) peserta pelatihan memahami tentang prinsip materi ajar berbasis V-Makes, (2) peserta pelatihan  memahami langkah-langkah teknis penyusunan materi ajar berbasis V-Makes, (3) peserta pelatihan memahami komponen-komponen materi ajar berbasis V-Makes, (4) terdapat 83,33% peserta pelatihan terampil merancang materi ajar berbasis V-Makes, dan (5) para peserta telah menghasilkan produk rancangan materi ajar berbasis V-Makes.

 

Kata kunci: materi ajar, V-Makes


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Danial, M., dan W. Sanusi, 2018. PKM Penyusunan Proposal PTK bagi Guru SDN No.12 Pinrang. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Danial, M., dan W. Sanusi, 2019. PKM Penyusunan LKPD Berbasis Investigasi bagi Guru SDN Taan Kabupaten Mamuju. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Danial, M., M.Anwar, dan P. Salempa, 2016. IbM Penyusunan Proposal PTK bagi Guru SDN Parangtambung 2 Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Danial, M., M.Anwar, dan P. Salempa, 2017. IbM Pelaksanaan PTK dan penyusunan laporan bagi Guru SDN Parangtambung 2 Kota Makassar. Laporan Pengabdian Pada Masyarakat, UNM Makassar.

Depdiknas, 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen dikdasmen. Depdiknas.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, 2019. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengabdian edisi XII. Dirjen Dikti: Jakarta.

Furchan, A. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya.

Inoe, 2008. Materi Ajar. http://andhysastera.blogspot.com/2008/06/materi-ajar.html. Diakses 10 April 2021.

Kemendikbud, 2014. Buku Guru untuk SD Kelas 4, 5, dan 6 Berdasarkan Kurikulum 2013. Kemendikbud: Jakarta.

Prastowo, 2014. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif.

Suparmin, Wahyuningrum, dan Mulyono, S. 2013. Seri Character Building: PAKEM Tema 1 s.d. 9 untuk SD dan MI Kelas IV Sesuai Kurikulum 2013. Mediatama: Surakarta.


Article Metrics

Abstract view : 29 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.