PKM Pelatihan Penerapan Media Pembelajaran Game Edukasi Online pada Siswa

Sanatang Sanatang(1*), Fathahillah Fathahillah(2), Bakhrani A. Rauf(3), Sugeng A. Karim(4), Zainuddin Zainuddin(5),

(1) Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(5) Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pendidikan merupakan sistematisasi untuk mentransfer pengetahuan, keterampilan, etika, dan warisan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Fokusnya adalah mendukung individu agar dapat menggali potensi penuh, berpartisipasi dalam kehidupan sosial, dan meningkatkan kualitas hidup. Media pembelajaran, khususnya game edukasi, menjadi komponen penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat siswa. Penelitian ini menerapkan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan metode observasi, pelatihan, pengarahan, dan evaluasi bersama. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta, khususnya dalam merancang dan menerapkan media pembelajaran game edukasi online, terlihat signifikan. Pelatihan juga memperkuat kreativitas peserta, pemahaman tentang pembelajaran kontekstual, dan evaluasi dampak positif terhadap kemampuan pengajaran mereka. Hasil kegiatan mencakup peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta, peningkatan kreativitas dalam merancang materi pembelajaran, serta pemahaman tentang pembelajaran kontekstual. Evaluasi dampak menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kompetensi peserta dalam menggunakan media pembelajaran game edukasi online. Penerapan dalam konteks pembelajaran dan kolaborasi antar peserta juga menjadi aspek penting dalam hasil kegiatan ini. Rencana tindak lanjut setelah pelatihan membantu peserta dan instruktur merencanakan langkah-langkah berikutnya untuk mengintegrasikan pembelajaran ke dalam praktik sehari-hari di lingkungan pembelajaran mereka. Kesimpulannya, pemanfaatan media pembelajaran game edukasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan minat siswa, serta menjadi solusi inovatif dalam pengembangan metode pembelajaran modern.

Kata kunci: Pendidikan, Media, Game Online


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arjudin, Sripatmi, S. Prayitno, R. Y. Tyaningsih, and T. W. Triutami, “Pelatihan Pengembangan Media Matematika Online Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Mi Al-Istiqomah Telagawaru Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat,” J. Pepadu, vol. 3, no. 3, pp. 412–420, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/jurnalpepadu/index

A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.

F. F. Zalukhu, E. Vierginia, A. Ningsih, F. Faebua, and D. Daeli, “Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Penerapan Model Project Based Learning,” vol. 06, no. 01, pp. 5793–5800, 2023.

K. Niswa and A. J. Kharisma, “Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi ‘Kids Learning’ Berbasis Android Bagi Guru SD Muhammadiyah 02 Pematangsiantar,” Seandanan J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 1, no. 1, pp. 28–32, 2021, doi: 10.23960/seandanan.v1i1.8.

E. L. Putri, “Perancangan Media Pembelajaran IPA Berbentuk Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 di SMPN 7 Bukittinggi,” vol. 7, no. 2, pp. 194–203, 2022.

S. E. Wahyuni, A. F. Nisa, U. R. Widanti, and K. Putri, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah,” pp. 34–45, 2023.

A. S. Ariyani Raharjo, R. Rufi’i, and H. Hartono, “Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 2, pp. 441–452, 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i2.2823.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.