Melatih Petani Membuat Saluran Pembuangan Air Kotor Rumah Tangga Yang Sehat

Putri IS. Samad(1*), Alimuddin. SM(2), Ganggang. CA(3), Retyana Wahrini(4),

(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Petani di Desa Samangki Kecamatan Simbang Kabupaten Maros menjadi subjek utama dari kegiatan PKM ini. Wilayah Desa Samangki memiliki luas sekitar 43,62 km² dengan jumlah penduduk sekitar 5.176 jiwa, menghasilkan tingkat kepadatan penduduk sebesar 118,66 jiwa/km². Pengetahuan petani mengenai sanitasi lingkungan masih tergolong rendah, sehingga diperlukan pembinaan dan bimbingan untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan perumahan di Desa Samangki. Tujuan utama dari PKM ini adalah agar petani di Desa Samangki dapat membuat saluran pembuangan air kotor yang sehat. Selain itu, diharapkan bahwa keluarga petani kecil juga dapat meningkatkan kualitas lingkungan perumahan mereka serta kualitas hidup secara keseluruhan. Metode pelaksanaan PKM ini melibatkan beberapa tahap, yakni: (1) Perizinan dan Persiapan Lokasi, (2) Sosialisasi, (3) Penyuluhan, (4) Memperkenalkan Bahan dan Alat, serta (5) Monitoring dan Evaluasi Program. Hasil dari PKM ini mencakup pencapaian signifikan, seperti: (a) Peningkatan Keterampilan Petani melalui pelatihan dan pendampingan intensif, (b) Penurunan Risiko Penyakit dengan menerapkan saluran pembuangan yang sehat, (c) Peningkatan Kualitas Hidup bagi rumah tangga petani yang mengikuti program ini dengan lingkungan yang lebih bersih dan sehat, serta (d) Peningkatan Kualitas Hidup yang nyata. Dengan demikian, kegiatan PKM ini telah mencapai hasil positif yang signifikan.

Kata kunci: petani, saluran air kotor, sehat, Desa Samangki.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

BPS Maros. (2021). Samangki Dalam Angka 2020.

Faizal Amir; Muhammad Ardi; Bakhrani A Rauf; Anas Arfandi; Hamzah Nur. (2021). Penerapan Teknologi Sanitasi Lingkungan Pada Kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah Di Kelurahan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 26(4).

Muhammad Ardi; Bakhrani A Rau; Mithen. (2018). Desain Tampak Rumah Tinggal Berbasis Kearifan Lokal Suku Bugis Yang Berwawasan Lingkungan. Badan Penerbit UNM.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.