PKM Pembuatan Sirup Jeruk Pamelo di Kelurahan Attangsalo Kecamatan Ma'rang Kabupaten Pangkep

Marhawati Marhawati(1*), Nurjannah Nurjannah(2), Wahyu Hidayat(3), Sry Astuti(4), Irwandi Irwandi(5),

(1) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Jeruk pamelo yang dikenal juga dengan sebutan jeruk bali atau jeruk bali limau, merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Pangkep yang memiliki nilai ekonomi dan manfaat kesehatan yang tinggi. Jeruk Pamelo potensial dikembangkan, karena karakteristiknya yang khas, yaitu berukuran besar, memiliki rasa segar, dan daya simpan yang lama sampai empat bulan. Sebagai komoditas pertanian unggulan, jeruk pamelo memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai produk olahan bernilai tambah. Produk olahan dari jeruk pamelo yang dimaksud salah satunya adalah sirup. Kelurahan Attangsalo, yang terletak di Kecamatan Ma'rang, merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Pangkep yang memiliki produksi jeruk pamelo yang cukup tinggi sehingga potensi produk olahan jeruk pamelo juga akan tinggi. Di pasar Internasional, pamelo merupakan jenis jeruk yang mempunyai nilai perdagangan yang tinggi mendampingi "grapefruit", mandarin, orange, dan lemon. PKM ini bertujuan mampu meningkatkan keterampilan masyarakat Kelurahan Attangsalo, untuk membuat minuman sirup buah dari jeruk pamelo. Pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan sirup jeruk pamelo berfokus kepada pelatihan bagaimana mengolah buah jeruk pamelo menjadi sirup/sari buah untuk memberikan nilai tambah dari buah jeruk pamelo. Pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan pengolahan jeruk pamelo mejadi sirup.

Kata kunci: Pembuatan sirup, Jeruk pamelo

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achdiatsyah, M. R. (2013). Pembuatan Sirup Markisa dengan Kajian Penambahn Gula dan Konsentraasi Asam Sitrat sebagai Upaya Memperbaiki Mutu Sirup Markisa di Sulawesi-Selatan. In Skripsi. Universitas Brahwijaya. Malang.

BPOM Republik Indonesia. (2019a). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 11 Tahun 2019 tentang Bahan Tambahan Pangan. BPOM Republik Indonesia.

BPOM Republik Indonesia. (2019b). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 34 Tahun 2019 tentang Kategori Pangan. BPOM Republik Indonesia.

Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368

Firdaus, F., Kresnanto, V. A., & Fajriyanto. (2014). Variasi Kadar Sukrosa sebagai Bahan Pemanis dalam Formulasi Nutraseutikal Sediaan Gummy Candies Sari Buah Markisa Kuning (Passiflora Edulis Var. Flavicarpa). Teknoin, 20(4), 1–13.

Hermansyah, 2017. Perbandingan Perkembanagn dan Kualitas Buah Tiga Aksesi Jeruk Pamelo (citrus maxima (Burm)Merr). Universitas Negeri Gorongtalo.

Marhawati, M. (2019). Analisis karakteristik dan tingkat pendapatan usahatani Jeruk Pamelo di Kabupaten Pangkep. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2(2), 39. https://doi.org/10.26858/jekpend.v2i2.9969

Marhawati, M., Nurjannah, N., Hidayat, W., & Astuti, S. (2023). Community Empowerment Through Digital Literacy in Marketing Processed Pomelo Oranges in Attangsalo Village , Ma ’ rang District , Pangkep Regency. 02(September), 54–60.

Prayogi, M. A., Biha, M., Hanum, A., Fadhillah, L., & Eriska, P. (2021). Pemberdayaan Digital Enterpreneurship Upaya Go Public Memperluas Jaringan Pemasaran Produk Kerajinan Tangan Masyarakat di Kampung Nelayan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.8124

Rocha, I. F. de O., & Bolini, H. M. A. (2015). Passion Fruit Juice with Different Sweeteners: Sensory Profile by Descriptive Analysis and Acceptance. Food Science and Nutrition, 3(2), 129–139.

Wiyatiningsih, S., Harijani, W. S., Santoso, W., & Wijaya, R. S. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Upaya Pengembangan Desa Wisata Jeruk Pamelo Organik Di Desa Tambakmas, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan. Jurnal Abadimas Adi Buana, 3(2), 23–36. https://doi.org/10.36456/abadimas.v3.i2.a2168


Article Metrics

Abstract view : 72 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.