Pembuatan Aksesoris Jilbab dari Kain Perca pada Remaja Putri di Desa Tamasaju, Kecamatan Galesong Utara

Syarifah Suryana(1*), St. Aisyah(2), Andi Nur Maida(3),

(1) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Limbah kain perca merupakan limbah organik yang sulit diurai oleh lingkungan. Limbah ini sering menjadi permasalahan karena biasanya hanya dibiarkan menumpuk atau kemudian dibakar sehingga akan menjadi pencemaran lingkungan Oleh karena itu diperlukan adanya pemanfaatan kembali limbah kain perca menjadi produk-produk yang memiliki daya jual dan nilai estetika.  Remaja putri di Desa Tamasaju sehari-hari berpenampilan mengenakan jilbab. Penampilan dalam berjilbab perlu diimbangi dengan penggunaan aksesorisnya, sehingga kebutuhan akan aksesoris jilbab pun semakin meningkat serta dapat menjadi sumber penghasilan. Persoalan yang dihadapi adalah remaja putri di Desa Tamasaju belum memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga perlu diberikan solusi pemecahan yakni melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan yaitu: “Pelatihan Pembuatan Aksesoris Jilbab” Khalayak sasaran kegiatan ini adalah remaja putri di Desa Tamasaju, Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.

Kata kunci: Pelatihan, Aksesoris Jilbab, Kain Perca.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alvi Syafaah. (2021). Pelatihan Kerajinan Kain Perca sebagai Inovasi Peningkatan Ekonomi di Desa Patihan Kidul. Prodimas Prosiding Pengabdian Masyarakat, 1.

Semarang. (2021). 10 Program Pokok PKK. Retrieved from Semarang: https://pkk.semarangkota.go.id

Suryana, S. (2022). Jaket Tas Motif Tenun Rongkong menggunakan Perca Kain dengan Teknik Aplikasi. Jurnal Pesona, 2(1), 22-26.


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.