PKM Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Majene

Syukur Saud(1*), Nurming Saleh(2), Laelah Azizah(3),

(1) Jurusan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Bahasa Asing Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Peserta didik yang dihadapi guru jauh berbeda dalam hal karakteristik, kebutuhan, dan perkembangan peserta didik yang masuk usia sekolah menengah atas. Hal ini dapat menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran untuk seluruh peserta didik. Oleh karena itu seorang pendidik di tuntut memahami perkembangan peserta didik agar dapat menjalankan perannya dalam pembelajaran di kelas dengan baik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: Penyuluhan 25% yaitu ceramah dan diskusi tentang karakteristik peserta didik. Pelatihan 25%, yaitu melatih para guru SMP dan SMA Negeri karakteristik peserta didik. Demonstrasi 50%, yaitu praktek langsung di kelas dalam memahami karakteristik peserta didik. Hasil pengamatan selama penerapan kemampuan komunikasi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa menunjukkan beberapa temuan penting. Salah satu masalah yang ditemukan adalah kurangnya kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini dapat mempengaruhi siswa, yang terbiasa menggunakan bahasa yang tidak baku dan bahasa daerah, sehingga sulit untuk memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru di SMA Negeri 1 Majene. Kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam kelompok pengajaran dapat memiliki dampak terapeutik pada anak-anak. Penggunaan media pembelajaran tertentu memungkinkan guru untuk mengindividualisasikan pembelajaran ini, misalnya dengan menggunakan model dan gambar sebagai langkah pertama, lalu memperkaya pengajaran dengan media pembelajaran modern.

Kata kunci: Perkembangan Peserta Didik, Minat Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amini, (2006), Profesi Keguruan, Medan: Perdana Publising.

Abin Syamsudin MAkmun, Psikologi Kependidikan , Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Abdurrahman Saleh, (1976), Dediktit Metodik Pendidikan Agama, Jakarta: PT.Syiqma Examedia.

Dewa Ketutu Sukarti, (2009), Analisis Tes Psikologi Teori & Praktik, Jakarta.

Desmita, (2016), Psikologi Perkembangan Peserta didik, Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.

Dwi Siswoyo dkk, ((2007) Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: UNY Pers

Endang Purwantu dan Nur Widodo, (2002), Perkembangan Peserta didik, Malang: UMM Pers.

Fachryddin Hasballah, (2006), Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, Banda Aceh: Yayasan Pen. A. Banda Aceh.

Haryu ISlamuddin, (2012), Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

John W. Santrock, (20007), Perkembangan Anak, Penerbit Erlangga: Pt Glora Aksara Pratama.

M. Arifin, (1977), Psikologi Dan Beberapa Aspek Kehidupan Manusia, Jakarta: Bulan Bintang.

Masganti Sit, (2012), Perkembangan Peserta Didik, Medan: Perdana Publishing.

Mathew B. Miles & A. Michael Huberman: Penerjemah Tjetjep Rohandi. Rohadi, (2007), Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Melly Sri Sumantri Rifai’I, (1984), Psikologi Perkembangan Remaja Dari Segi Kehidupan Sosial, Bandung: Bina Aksara.

Muhammad Ali dkk, (2011), Psikologi Remaja, Jakarta: Bumi Aksara.

M. Sastrapraja,(1984), Kamus Istilah Pendidikan Dan Umum, Surabaya: Usaha Nasional.

Nandang budiman, (2006), Memahami Perkembangan Peserta Didik usia Sekolah Dasar, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Tinggi.

Nana Syaodih Sumadinata, (2010), Metode Penelitian Pendidikan, bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nini Subni, (2011), Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Jakarta: PT. Buku Kita.

Rifa Hidayah, (2009), Psikologi Pengasuhan Anak, Malang: UIN Malang Press.

Sadirman A. M, (1998), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: raja Grafindo.

Salim & Syahrum, (2016), Penelitian Kualitatif, Bandung: Cita Pustaka Media.

Salim Bahreisy, (1997), Terjemah Riyadhu Shalihin, Jilid I, Al-Ma’arif, Bandung.

Slameto, (2015), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsu Yusuf, Nani M. Sugandhi, (2011), Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Semiawan, Conny R, (1991), Perspektif Pendidikan Peserta Didik Berbakat, Jakarta: Gramedia Widiasarana.

S. Nasution, (1991), Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Citra Aditya Bakti. Tim Kementrian Agama RI, (2010), Tafsir Al-Qur’an, Juz VII, Jakarta: Kemenag.

W. J. S. poerwadamina, (1976), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

W.S. Winkel, (1983), Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar, Jakarta: PT. Gramedia.

Yusi Riska, (2009), Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam.


Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.