Pelatihan Pembelajaran Aktif Bagi Guru Di Kabupaten Bulukumba

Muhammad Amran(1*), Muslimin Muslimin(2), Adnan ,k(3), Kamaruddin Hasan(4),

(1) Prodi Pendidikan Guru Sekolag Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Guru Sekolag Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Guru Sekolag Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG), Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Masalahnya adalah: kemampuan guru dalam membuat bahan ajar  IPA SD masih kurang atau rendah. Sasaran kegiaan adalah guru SD yang ada di Kecamatan Gantarang. Metode yang digunakan adalah: ceramah, , diskusi, dan praktek. Hasil yang dicapai adalah 1) peserta sudah memahami tentang pentingnya pembelajaran aktid di SD, 2) peserta sudah memahami model-model pembelajaran aktif, 3) peserta sudah mampu memilih menerapkan model pembelajaran aktif dalam pelaksanaan pembelajaran di SD.

 

Kata kunci: Pembelajaran Aktif, Guru


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardhana, Alfianati. 1999. Instrumen Ilmu Sains di Sekolah Dasar. Jakarta: Bima Cipta.

Arikunto Suharsimi, dkk.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta PT Bumi Aksara

Dimyati, Dkk. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Haryanto, 2006. Sains untuk Sekolah Dasar kelas IV. Jakarta: Erlangga

Khaeruddin, dkk. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: State University of Makassar Pres.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), 2006. Mata pelajaran IPA untuk Tingkat SD/MI. Jakarta Depdiknas.

Mangunwijaya. 1998. Berbagai pendekatan Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Miles, M.B & Huberman, Tanpa tahun. Analisis Data Kuantitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohudi Rihidi. 1992. Jakarta: UI Perss.

Moedjino, dkk. 1991/1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan/Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktorat Ketenagaan.

Nurkanca, 1986. Evaluasi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Purba dan Wartono, 1998. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Sains. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumardi Yosaphat, dkk. 2007. Konsep Dasar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim fasilitator AUSAID. 2013 Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan. Jakarta: Kemenag. Dirjen Pendis.


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.