Pelatihan Pembelajaran Aktif Bagi Guru Di Kabupaten Bulukumba
(1) Prodi Pendidikan Guru Sekolag Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan Guru Sekolag Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan Guru Sekolag Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG), Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Masalahnya adalah: kemampuan guru dalam membuat bahan ajar IPA SD masih kurang atau rendah. Sasaran kegiaan adalah guru SD yang ada di Kecamatan Gantarang. Metode yang digunakan adalah: ceramah, , diskusi, dan praktek. Hasil yang dicapai adalah 1) peserta sudah memahami tentang pentingnya pembelajaran aktid di SD, 2) peserta sudah memahami model-model pembelajaran aktif, 3) peserta sudah mampu memilih menerapkan model pembelajaran aktif dalam pelaksanaan pembelajaran di SD.
Kata kunci: Pembelajaran Aktif, Guru
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ardhana, Alfianati. 1999. Instrumen Ilmu Sains di Sekolah Dasar. Jakarta: Bima Cipta.
Arikunto Suharsimi, dkk.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta PT Bumi Aksara
Dimyati, Dkk. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Haryanto, 2006. Sains untuk Sekolah Dasar kelas IV. Jakarta: Erlangga
Khaeruddin, dkk. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: State University of Makassar Pres.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), 2006. Mata pelajaran IPA untuk Tingkat SD/MI. Jakarta Depdiknas.
Mangunwijaya. 1998. Berbagai pendekatan Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Miles, M.B & Huberman, Tanpa tahun. Analisis Data Kuantitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohudi Rihidi. 1992. Jakarta: UI Perss.
Moedjino, dkk. 1991/1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan/Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktorat Ketenagaan.
Nurkanca, 1986. Evaluasi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Purba dan Wartono, 1998. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Sains. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumardi Yosaphat, dkk. 2007. Konsep Dasar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim fasilitator AUSAID. 2013 Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan. Jakarta: Kemenag. Dirjen Pendis.
Article Metrics
Abstract view : 49 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.