Meningkatkan Pengetahuan Guru dalam Menyusun Soal-soal Matematika berbasis HOTS

Nurdin Arsyad(1*), Bernard Bernard(2), Fajar Arwadi(3), Hisyam Ihsan(4),

(1) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak PKM Pelatihan Penyusunan Soal-Soal HOTS berdasarkan Asesmen Nasional Bagi Guru Matematika di Kabupaten Takalar bertujuan untuk melatih guru-guru dalam hal penyusunan soal berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) berdasarkan asesmen nasional. Sasaran khusus dari kegiatan ini adalah guru-guru matematika tingkat Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan adalah metode pemberian materi, diskusi atau tanya jawab terkait penyusunan soal HOTS, dan workshop penyusunan soal-soal HOTS. Adapun kegiatan ini dimulai dengan observasi lingkungan dan lembaga/instansi terkait, lalu dilakukan koordinasi dengan kepala Majelis Guru Mata Pelajaran Matematika terkait jadwal dan tempat pelaksanaan. Dilanjutkan dengan kegiatan inti berupa pelatihan penyusunan soal-soal HOTS. Hasil yang diperoleh adalah meningkatnya pengetahuan peserta pelatihan, khususnya dalam membuat soal-soal HOTS.

Kata kunci: Matematika, HOTS, Asesmen Nasional


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Awaliyah, S. (2018). Penyusunan soal HOTS bagi guru PPKN dan IPS Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 1(1), 46-53.

Laila, N. (2019). Meningkatkan kemampuan guru IPS dan PPKN dalam menyusun soal HOTS melalui workshop di kota Mojokerto. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2), 19-24.

Merta, I.W., Lestari, N., & Setiadi, D. (2019). Teknik penyusunan instrumen higher order thinking skills (HOTS) bagi guru-guru SMP rayon 7 Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 48-53.

Salirawati, D., dkk. (2017). Pelatihan pengembangan soal HOT (higher order thinking) sebagai peningkatan kompetensi pedagogik guru. INOTEKS, 21(1), 14-25.

Salam, M. S. (2019). Penyusunan soal HOTS guru bahasa indonesia SMP negeri di kota Tulungagung. Jurnal Ilmiah NOSI, 7(2).

Tajudin, N. M., & Chinnappan, M. (2017). Role of higher order thinking skills in enhancing mathematical problem solving, Man in India, 97(17), 209-214.

Thomas, A., and Thorne, G. (2009). How To Increase Higher Order Thinking. Metarie, LA: Center for Development and Learning. Tersedia: http://www.cdl.org/resource-library/articles/HOT.php?type=subject&id=18.

Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS: Pengembangan Standar Proses Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop pengembangan soal higher order thinking skill (HOTS) bagi guru-guru MGMP IPS kabupaten malang pelatihan penyusunan. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 1(2), 73-79.

Widana, I. W. (2017). Higher order thinking skills assessment (HOTS). JISAE (Journal of Indonesian Student Assesment and Evaluation), 3(1), 32 - 44.


Article Metrics

Abstract view : 23 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.