PKM Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kahoot Bagi Guru Di SD Negeri 19 Rangas Kab. Majene

Musfirah Musfirah(1*), Yulia Yulia(2), Abdul Hakim(3),

(1) Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Media berbasis TIK menjadi salah satu produk teknologi yang menandai kemajuan dalam dunia pendidikan. Media dalam pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting terutama dalam menarik minat siswa untuk belajar. Saat ini banyak sekali media pembelajaran yang ada dan terus dikembangkan. Salah satu media pembelajaran yang terbaru yaitu media kahoot yang merupakan situs yang menyediakan media pembelajaran berbasis game. Hal ini tentu saja akan sangat menarik bagi siswa karena belajar serasa main game. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 19 Rangas Kabupaten Majene ditemukan beberapa masalah diantaranya: 1) Pengetahuan guru terkait media pembelajaran berbasis kahoot masih minim, 2) Pemanfaatan kahoot sebagai aplikasi pengembangan media pembelajaran masih kurang. Berdasarkan hal tersebut, maka tim pengabdi telah melakukan pengabdian di SD Negeri 19 Rangas Kabupaten Majene. Adapun tujuan pelatihan ini yaitu 1) memberikan informasi kepada mitra terkait aplikasi kahoot. 2) melakukan pendampingan penggunaan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran, sehingga bisa langsung diaplikasikan dalam kelas. Adapun yang menjadi sasaran strategi kegiatan pelatihan ini adalah guru SD Negeri 19 Rangas Kabupaten Majene. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sebagian besar guru mampu menggunakan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran daring dengan baik. Respon dari guru pun sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, hal ini dapat dilihat dari keaktifan mereka dalam melakukan tanya jawab dan jumlah kehadiran yang sangat baik. Target yang diharapkan pengabdi pun dapat tercapai yaitu meningkatknya kemampuan guru dalam mempraktekkan aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci: media pembelajaran, kahoot, guru.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Setiawan, W., 2017. Era Digital dan Tantangannya. Sukabumi, Universitas Muhammadiyah, pp. 1-9.

Afandi, Junanto, T. & Afriani, R., 2016. Implementasi Digital-Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Surakarta, Universitas Negeri Surakarta, pp. 113-119.

Falahudin , Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. Desember 2014, p.104-107


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.