PKM Pelatihan Penulisan Artikel Bagi Guru SD Gugus I Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone
(1) Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam Menyusun artikel hasil penelitian PTK masih kurang atau rendah, hal itu dapat dilihat dari hasil wawancara mengenai kegiatan guru dalam pelaksanaan PKB dimana guru harus aktif melakukan publikasi hasil penelitian. Hal ini terjadi karena guru belum pernah mendapatkan suatu pelatihan secara forman berkaitian dengan Teknik penyusunan artikel hasil Penelitian Tindakan kelas. Dalam pelatihab ini guru akan diberikan pengetahuan khususnya pengetahuan tentang penyusunan artikel masih kurang atau rendah sehingga perlu dilakukan sebuah kolaborasi dari pihak perguruan tinggi sebagai pengembang sistem pendidikan dan sebagai salah satu stakeholder dalam rangka perbaikan pendidikan dan diharapkan pula guru yang notabene mereka berada dipusat kota bone bisa menjadi media penyrbarluasan terkait penulisan artikel. Dari kegiatan memberikan dampak nyata bagi guru mereka telah mampu menyusun artikel hasil penelitian untuk mereka publikasi.
Kata kunci: Penulisan Artikel, Guru.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alber, A., & Hermaliza, H. (2021). An Error Analysis of Semantic Level in Roau Newspaper Articles. Kata: Penelitian Tentang Ilmu Bahasa Dan Sastra, 5(2), 253–269. https://doi.org/10.22216/kata.v5i2.429
Andriyani, N., Fatmawati, F., Erni, E., Alber, A., & Nst, W. E. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Sosial Facebook sebagai Media Pembelajaran Inovatif di SMAN 2 Pekanbaru. Jurnal Implementasi, 1(2), 92–95.
http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/view/30 Depdiknas. (2015).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., & Hardinata, V. (2017). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas pada Guru SMP. Jurnal ABDI, 2(2), 7. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p7-17
Djuroto, T., & Suprijadi, B. (2005). Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Buku Pintar Bahasa Indonesia. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., & Subali, B. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Abdimas, 17(2), 111–116. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/10300/6401
Ngabiyanto, N., Saputro, I. H., Pramono, Di., & Lestar, E. Y. (2021). Pelatihan Optimalisasi Model Pembelajaran Student Centered Learning melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah. Implementasi, 1(1), 16–21. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/index%0APelatihan
Ningsih, S. C., & Aviory, K. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SD. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 109–116. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/19439
Noorjannah, L. (2015). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).
Slameto. (2015). Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum 2013. Jurnal Scholaria, 5(1), 1–9.
Article Metrics
Abstract view : 45 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.