Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Keterampilan Membuat Hiasan Dinding Dengan Teknik Makrame

Hamidah Suryani(1*), Irmayanti Irmayanti(2), Syarifah Suryana(3),

(1) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Pemberdayaan kaum perempuan dapat menciptakan kondisi, suasana, iklim, yang memungkinkan potensi untuk berkembang. Prioritas utama dalam pemberdayaan adalah terciptanya kemandirian. Perempuan sebagai bagian dari masyarakat diharapkan mampu membantu dirinya sendiri dalam berbagai hal, terutama yang menyangkut kelangsungan hidup. Bentuk pemberdayaan kaum perempuan khususnya ibu-ibu rumah tangga, dapat dilakukan melalui pelatihan. Penerapan teknik makrame merupakan bentuk kerajinan simpul menyimpul dengan menggarap rantaian kain dari awal dan hingga akhir sehingga terbentuklah aneka rumbai dan jumbai yang membentuk kerajinan. Pelaksanaan kegiatan PKM ini fokus pada pelatihan membuat hiasan dinding dengan teknik makrame, yang terbagi atas tiga sesi latihan terhadap materi yang telah diberikan pada setiap akhir pertemuan. Pelaksanaan PKM di Desa Bonde Utara Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Peserta pelatihan adalah ibu-ibu rumah tangga sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat hiasan dinding dengan teknik makrame.

Kata kunci: Pemberdayaan perempuan, Pelatihan, Hiasan Dinding, Teknik Makrame.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hasanah, Siti. 2013. Pemberdayaan Perempuan Melalui Kegiatan Ekonomi Berkeadilan (Simpan Pinjam Syariah Perempuan). SAWWA. Volume 9, Nomor 1.

Khayati, E.Z. (1994). Teknik Membuat Kain. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Rahaju, M. E. E., Mulyati, T., & Sumarlan. (2012). Motivasi wanita bekerja dan pengaruhnya terhadap kontribusi pendapatan keluarga (Studi kasus di Kecamatan Taman Kota Madya).

Sinclair, Rose. 2014. Textile and fashion: Material, Desidn And Technology. United Kingdom: Elsevier.

Susilowati dan Kuspriyanto. 2016. Gizi dalam Daur Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.